IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PADA MATAPELAJARAN AL- QUR’AN HADIS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 TULUNGAGUNG (MAN 1 TULUNGAGUNG)

YENI WULANDARI, 2811133280 (2018) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PADA MATAPELAJARAN AL- QUR’AN HADIS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 TULUNGAGUNG (MAN 1 TULUNGAGUNG). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (398kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (178kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ‘’ Implementasi Metode Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Al- Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung’’ ini ditulis oleh Yeni Wulandari, NIM 2811133280, Jurusan Pendidikan Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing H. Dr. H. Kojin, MA. Kata Kunci : Implementasi, Metode, Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena dalam menggunakan metode pembelajaran, tidak hanya menyenangkan tetapi juga memberikan kemudahan pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 1 Tulungagung, dengan menggunakan metode yang tepat dan bervariasi dapat dijadikan alat motivasi serta dianggap mempunyai pengaruh terhadap hasil prestasi peserta didik didalam kegiatan belajar mengajar di sekolah, sehingga dapat dijadikan alat yang efektif untuk mencapai tujuan pengajaran. Konteks penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pemilihan metode pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 1 Tulungagung ? (2) Bagaimana implementasi metode pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 1 Tulungagung ? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan metode pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 1 Tulungagung ? Adapun yang menjadi fokus penelitian dalam hal ini adalah (1) mengetahui bagaimana perencanaan pemilihan metode pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 1 Tulungagung? (2) Mengetahui penerapan metode pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 1 Tulungagung? (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 1 Tulungagung ? Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendektan kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dan gambaran data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) perencanaan penerapan metode pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 1 Tulungagung yaitu kondisi siswa didalam kelas, ketersediaan fasilitas pembelajaran, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, alokasi waktu pembelajaran, penguasaan guru pada metode pembelajaran, 2) penerapan metode pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, pemilihan metode pembelajaran disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan, ketersediaan fasilitas pembelajaran, tujuan pembelajaran yang hendak dicapai, alokasi waktu pembelajaran,metode yang unik di MAN 1 Tulungagung salah satunya adalah metode hafalan dengan bernyanyi 3) faktor pendukung pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits baik internal maupun eksternal diantaranya dukungan dari sekolah baik berupa ( LCD, Proyektor), guru yang selalu memberi motivasi siswa dan guru yang profesional dalam menguasai materi pelajaran dan penguasaan metode pembelajaran, minat peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, sarana prasarana yang lengkap dan memadai, dan dukungan dari orang tua peserta didik, 4) faktor penghambat penerapan metode pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits diantaranya kurangnya semangat peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, kurangnya motivasi guru yang diberikan pada peserta didik, kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya, dan lingkungan bermain yang tidak mendukung. Penerapan metode pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 1 Tulungagung sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan. Namun secara umum masih kurang adanya motivasi orang tua peserta didik dan semangat belajar peserta didik masih kurang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133280 YENI WULANDARI
Date Deposited: 02 Jul 2018 06:35
Last Modified: 02 Jul 2018 06:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8174

Actions (login required)

View Item View Item