EFEKTIVITAS COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPY (CBT) BERBASIS SPIRITUAL TERHADAP TINGKAT REGULASI DIRI ANAK DIDIK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS I BLITAR

DESY EKA NURHAYATI, 1733143016 (2018) EFEKTIVITAS COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPY (CBT) BERBASIS SPIRITUAL TERHADAP TINGKAT REGULASI DIRI ANAK DIDIK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS I BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (599kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (309kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)

Abstract

ABSTRAK Desy Eka Nurhayati. 2018. Efektivitas Cognitive Behaviour Therapy (CBT) Berbasis Spiritual Terhadap Tingkat Regulasi Diri Anak Didik Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar. Skripsi. Fakultas Ushuluddin, adab, dan Dakwah, Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi, IAIN Tulungagung. Pembimbing Arman Marwing, MA. Kata Kunci: Cognitive Behaviour Therapy, Regulasi Diri, Anak Didik Lapas. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya tindakan menyimpang yang dilakukan oleh remaja hingga anak dibawah umur khususnya di wilayah Jawa Timur. Akibat yang ditimbulkan dari perbuatan tersebut dapat merugikan dirinya sendiri dan orang lain terutama keluarga. Sebagai hukumannya mereka harus mempertanggung jawabkan perbuatan tersebut di Lapas Anak atau di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Blitar. Anak-anak didik Lapas yang mendapat label negatif dari masyarakat membuat Anak Didik di LPKA kelas 1 Blitar memiliki regulasi diri yang kurang baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Berapa tingkat regulasi diri Andikpas di LPKA Kelas 1 Blitar sebelum di berikan perlakuan CBT berbasis spiritual? (2) berapa tingkat regulasi diri Andikpas di LPKA Kelas 1 Blitar setelah di berikan perlakuan CBT berbasis spiritual? (3) Seberapa besar tingkat efektivitas CBT berbasis spiritual terhadap regulasi diri anak didik LPKA Blitar?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas CBT berbasis spiritual terhadap tingkat regulasi diri Anak Didik Lembaga Pembinaan Khusus Anak (Andikpas). Desain penelitian ini Quasi Eksperiment Design dengan pre test – post test group. Responden terdiri dari 6 orang kelompok yang mendapatkan terapi CBT berbasis spiritual (kelompok eksperimen) dan 6 orang kelompok tidak mendapatkan terapi (kelompok pembanding). Terapi CBT berbasis spiritual diberikan sebanyak 5 sesi dalam 5 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat regulasi diri Andikpas sebelum mendapat perlakuan CBT berbasis spiritual, tergolong rendah dan sedang dengan jumlah terendah senilai 81 dan tertinggi 101. (2) Setelah mendapatkan perlakuan CBT berbasis spiritual, terdapat perubahan yang posistif dengan meningkatnya tingkat regulasi diri yang termasuk tingkat regulasi diri yang tinggi, yaitu dengan nilai 109-130. (3) Berdasarkan hasil hitung uji sumbangan efektif regresi linier pre test dan post test kelompok eksperimen didapatkan nilai R Square sebesar 0,782 atau 78,2%, yang berarti bahwa tingkat efektivitas CBT berbasis spiritual dalam meningkatkan regulasi diri Andikpas sebesar 78,2% sedangkan sisanya 21,8% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima, yakni Terapi CBT berbasis spiritual efektif dalam meningkatkan regulasi diri Anak Didik Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Blitar. Terapi CBT berbasis spiritual direkomendasikan pada anak-anak didik lembaga pembinaan yang memiliki regulasi diri yang rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Umum
Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Tasawuf Psikoterapi
Depositing User: 1733143016 DESY EKA NURHAYATI
Date Deposited: 02 Jul 2018 03:43
Last Modified: 02 Jul 2018 03:43
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8160

Actions (login required)

View Item View Item