Analisis Penerapan Akhlak Mulia Nabi Muhammad SAW pada Anak Usia Remaja dalam Kehidupan Sehari-hari (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII MTs Plus Raden Paku Trenggalek)

Rahayu, Santi Efi (2012) Analisis Penerapan Akhlak Mulia Nabi Muhammad SAW pada Anak Usia Remaja dalam Kehidupan Sehari-hari (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII MTs Plus Raden Paku Trenggalek). [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I edit.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (64kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (37kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (613kB)
[img] Text
sampul depan.docx

Download (126kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Perkembangan zaman menuntut terhadap dunia pendidikan untuk senantiasa berupaya menghasilkan output yang berkualitas dan berakhlak mulia. Sebagaimana telah tertuang dalam tujuan pendidikan nasional yakni untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab. Terlepas dari itu, di era globalisasi telah membawa dampak yang sangat signifikan positif maupun negatif bagi kehidupan. Sisi positif setidaknya manusia menjadi mudah untuk menikmati kemajuan zaman melalui alat transportasi, komunikasi dan teknologi lainnya, Namun dampak negatif dari era globalisasi sangat terasa pula pengaruhnya bagi masyarakat. Sisi negatif itu terlihat adanya degradasi moral (akhlak) yang terjadi. Berangkat dari latar belakang di atas penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan temuan-temuan diatas dengan judul ” Analisis Penerapan Akhlak Mulia Nabi Muhammad SAW pada Anak Usia Remaja dalam Kehidupan Sehari-hari (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII MTs Plus Raden Paku)”. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan akhlak mulia Nabi Muhammad SAW, (2) Bagaimanakah dampak penerapan akhlak mulia Nabi Muhammad SAW, (3) Apakah faktor penghambat dan pendukung penerapan akhlak mulia Nabi Muhammad SAW. Tujuan dalam hal ini adalah, mendeskripsikan penerapan, dampak serta faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan akhlak mulia Nabi Muhammad SAW terhadap siswa kelas VIII MTs Plus Raden Paku dalam kehidupan sehari-. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode yang digunakan dalam memperoleh data dengan menggunakan interview, observasi dan dokumentasi. Dan sebagai kesimpulan akhir dapat dikemukakan bahwa: Penerapan akhlak mulia di MTs Plus Raden Paku ini diorganisasikan melalui kurikulum yang telah ditetapkan. Sekolah memprogram penerapan akhlak mulia ini melalui kegiatan keagamaan dalam bentuk ekstrakurikuler, peringatan hari besar, kegiatan wajib serta tata tertib PPM Raden Paku. Selain itu di MTs Plus Raden Paku dalam pembelajaran khususnya akidah akhlak, penerapan akhlak mulia diterapkan melalui beberapa pendekatan metode, diantaranya adalah metode pembiasaan, keteladanan, pemberian hukuman, ceramah, tanya jawab, diskusi, seminar, pemberian tugas dan kelompok. Dampak penerapan akhlak mulia yang ditimbulkan ada dampak langsung dan dampak tidak langsung. Sedangkan faktor Pendukung antara lain, peraturan yang telah ditetapkan oleh PPM Raden Paku telah banyak membantu guru dalam mendisiplinkan siswa. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya dukungan dan perhatian orang tua terhadap anaknya tentang peningkatan kualitas akhlak mulia yang diwujudkan dalam ibadah, sehingga PPM dan sekolah melakukan usaha membiasakan diri siswa untuk mengikuti kegiatan keagamaan. Sebagai saran bahwa penerapan akhlak mulia yang dilaksanakan di MTs Plus Raden Paku sangat diperlukan dukungan dari kepala sekolah, guru, dan staf keseluruhan secara kompak. Dalam setiap program kerja, disarankan agar setiap faktor pendukungnya dalam pelaksanaan diikembangkan dengan maksimal, sehingga potensi pendukungnya muncul untuk lebih baik. Sedangkan faktor penghambat yang ada disarankan untuk dievaluasi dan dicarikan solusinya untuk meminimalisir kekurangan yang ada.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 26 Jan 2015 06:52
Last Modified: 26 Jan 2015 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/816

Actions (login required)

View Item View Item