PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU FIQIH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK SISWA MIN 3 TULUNGAGUNG

ISMI FATIMAH, 1725143134 (2018) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU FIQIH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK SISWA MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (845kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (178kB)
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kompetensi Profesional Guru Fiqih terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Psikomotorik Siswa MIN 3 Tulungagung” ini di tulis oleh Ismi Fatimah, NIM 1725143134, Jurusab Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Drs. Nurul Hidayat M. Ag. Kata Kunci: Kompetensi Profesional Guru, Hasil Belajar Kognitif, Hasil Belajar Psikomotorik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang menunjukan penurunan kualitas dalam dunia pendidikan. Terdapat guru yang belum menguasai kompetensi profesional. Kompetensi profesional merupakan kemampuan atau keahlian guru di bidang pendidikan dalam mengajar. Kualitas pendidik yang masih rendah sulit untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Apabila tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan baik maka akan menghasilkan output yang masih dalam standar kurang. Program pemerintah seperti sertifikasi dan tunjangan guru akan sia-sia apabila kualitas guru justru semakin menurun. Untuk menghadapi tantangan tersebut guru harus secara terus menerus belajar sebagai upaya untuk mengembangkan kompetensi profesional yang dimilikinya. Hal tersebut juga akan mempengaruhi keberhasilan guru dalam mengajar dan sekaligus mempengaruhi hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Adakah pengaruh kompetensi profesional guru fiqih terhadap hasil belajar kognitif siswa MIN 3 Tulungagung? (2) Adakah pengaruh kompetensi profesional guru fiqihterhadap hasil belajar psikomotorik siswa MIN 3 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh kompetensi profesional guru fiqih terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa MIN 3 Tulungagung? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru fiqih terhadap hasil belajar kognitif siswa MIN 3 Tulungagung. (2) Mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru fiqih terhadap hasil belajar psikomotorik siswa MIN 3 Tulungagung. (3) Mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru fiqih terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa MIN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis non eksperimen tipe deskriptif korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa MIN 3 Tulungagung yang berjumlah 379 siswa dan seluruh guru Fiqih MIN 3 Tulungagung yang berjumlah 2 orang. Dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling karena sampel yang diambil hanya keseluruhan kelas V yang terdiri dari kelas V A dan V B yang berjumlah 65 siswa dan seluruh guru Fiqih. Variabel bebas: Kompetensi profesional guru fiqih. Variabel terikat: Hasil belajar kognitif dan hasil belajar psikomotorik. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah item sebanyak 20 pertanyaan. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan untuk uji hipotesis menggunakan uji MANOVA dengan bantuan IBM SPSS 20. Dari hasil uji MANOVA menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh signifikan antara kompetensi profesional guru fiqih terhadap hasil belajar kognitif. Dari hasil analisis data pada interval 5% menunjukkan nilai signifikasi 0,000 yang mana kurang dari 0,05. (2) Ada pengaruh signifikan antara kompetensi profesional guru fiqih terhadap hasil belajar psikomotorik yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,000 yang mana kurang dari 0,05. (2) Ada pengaruh signifikan antara kompetensi profesional guru fiqih terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotorik dengan nilai signifikan masing-masing 0,000 dan 0,000 yang mana keduanya memiliki nilai signifikansi kurang dari 0,05. Karena semua signifikansi < 0, 05 maka H diterima dan H ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143134 ISMI FATIMAH
Date Deposited: 10 Aug 2018 02:06
Last Modified: 10 Aug 2018 02:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8145

Actions (login required)

View Item View Item