PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU AKIDAH AKHLAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA DI MIN 3 TULUNGAGUNG

NANIK NURHIDAYAH, 1725143199 (2018) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU AKIDAH AKHLAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA DI MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (317kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kompetensi Kepribadian Guru Akidah Akhlak terhadap Motivasi Belajar Akidah Akhlak Siswa di MIN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Nanik Nurhidayah, NIM 1725143199, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Drs. Nurul Hidayat, M. Ag. Kata Kunci:Kompetensi Kepribadian Guru, Akidah Akhlak, Motivasi Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi bahwasanya keberhasilan suatu pembelajaran di sekolah ditentukan oleh kualitas seorang guru. Guru harusmampu menunjukkan kualitasnya sebagai pembimbing yang memiliki komitmen tinggiterhadap keberhasilan siswanya. Guru harus membimbing siswa-siswinya agar memiliki motivasi belajar yang tinggi sehingga dapatmencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan terutama pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Sesuai Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, dijelaskan bahwa kompetensi adalah seperangkat pengetahuan,keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru atau dosen dalam melaksanakan tugas keprofesionalan. Guru dituntut untuk memenuhi kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Kompetensi kepribadian merupakan faktor yang menentukan keberhasilan sebagai pendidik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kompetensi kepribadian guru Akidah Akhlak di MIN 3 Tulungagung? (2) Bagaimana motivasi belajar Akidah Akhlaksiswa di MIN 3 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh kompetensi kepribadian guru Akidah Akhlak terhadap motivasi belajar Akidah Akhlak Siswa di MIN 3 Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru Akidah Akhlak di MIN 3 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui motivasi belajar Akidah Akhlaksiswa di MIN 3 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru Akidah Akhlak terhadap motivasi belajar Akidah Akhlak Siswa di MIN 3 Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional.Yang dijadikan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MIN 3 Tulungagung yang berjumlah 379 siswa.Selanjutnyapengambilan sampel menggunakanteknik Nonprobability Samplingjenis purposive sampling, sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas IV, V, dan VI sebanyak 76 siswa sebagai responden. Data penelitian diperoleh dengan cara memberikan angket/kuesioner dengan sejumlah instrumen pernyataan yang telah dipersiapkan. Uji validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan IBM SPSS 20.0. Hasil reliabilitas menunjukan reliabilitas sebesar 0,939 untuk kompetensi kepribadian guru Akidah Akhlak, dan 0,867 untuk motivasi belajar Akidah Akhlak siswa. Teknik analisis data dalam pengujian hipotesis adalah dengan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Kompetensi kepribadian guru Akidah Akhlak dalam kategori tinggi.Hal ini ditunjukkan dari analisis data dengan persentase sebesar 87% pada interval interpretasi 71%-90%.(2) Motivasi belajar Akidah Akhlak siswa dalam kategori sangat tinggi. Hal ini ditunjukkan dari analisis data dengan persentase sebesar 93% pada interval 91-100%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru Akidah Akhlak dengan motivasi belajar Akidah Akhlak siswa yaitu diperoleh nilai koefisienkorelasi adalah 0,521 dengan nilai signifikansi 0,000. Karena signifikansi < 0,05, maka Hₒ ditolak, berarti Hₐ diterima. Berdasarkan 3 hasil penelitian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa kompetensi kepribadian guru Akidah Akhlak mempengaruhi motivasi belajar Akidah Akhlak siswa kelas IV, V, dan VI di MIN 3 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143199 NANIK NURHIDAYAH
Date Deposited: 10 Aug 2018 01:58
Last Modified: 10 Aug 2018 01:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8144

Actions (login required)

View Item View Item