IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Multi Situs di SDI Al-Badar dan SDI Nurul Fikri Tulungagung)

NOFALIA ROHMAWATI, 1755154035 (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Multi Situs di SDI Al-Badar dan SDI Nurul Fikri Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa SD (Studi Multi Situs di SDI Al-Badar dan SDI Nurul- Fikri Tulungagung)” ini ditulis oleh Nofalia Rohmawati dengan dibimbing oleh Dr. H. Abdul Manab, M.Ag dan Dr. H. Abd Aziz, M. Pd.I Kata Kunci: Implementasi, model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI), PrestasiBelajar, IlmuPengetahuanSosial (IPS) Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di Sekolah Dasar biasanya kita temui para siswa mengalami kesulitan belajar terlebih pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS). Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. Bukan hanya itu, siswa perlu mengerjakannya, yakni dengan menggambarkan sesuatu dengan dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah mereka dapatkan. Salah satu model pembelajaran yang efektif, kreatif dan menyenangkan adalah model grup investigation (GI) supaya mampu meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dalam meningkatkan prestasi belajar IPS kelas 3 di SDI Al-Badar Tulungagung dan SDI Nurul Fikri Tulungagung ? (2) Bagaimana pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dalam meningkatkan prestasi belajar IPS kelas 3 di SDI Al-Badar Tulungagung dan SDI Nurul Fikri Tulungagung ? (3) Bagaimana evaluasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dalam meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas 3 di SDI Al-Badar Tulungagung dan SDI Nurul Fikri Tulungagung Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan memahami: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dalam meningkatkan prestasi belajar IPS kelas 3 di SDI Al-Badar Tulungagung dan SDI Nurul Fikri Tulungagung.,(2)Untuk mendeskripsikan pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dalam meningkatkan prestasi belajar IPS kelas 3 di SDI Al-Badar Tulungagung dan SDI Nurul Fikri Tulungagung., (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dalam meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas 3 di SDI Al-Badar Tulungagung dan SDI Nurul Fikri Tulungagung Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis multi situs, lokasinya di SDI Al-Badar Tulungagung dan SDI Nurul Fikri Tulungagung. Data dan sumber data: 1. Primer: kepala sekolah, waka kurikulum, guru, dan peserta didik; staf karyawan 2. Sekunder: dokumentasi, serta arsip-arsip. Pengumpulan data penelitian ini dengan observasi partisipan, wawancara mendalam serta teknik dokumentasi. Pengecekan data kembali dengan triangulasi, perpanjangan kehadiran, dan diskusi teman sejawat. Untuk analisis data, peneliti mengumpulkan data kemudian reduksi data, penyajian data selanjutnya menarik kesimpulan. Hasil penelitian: (1)Perencanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dalam meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas 3 di SDI Al-Badar Tulungagung dan SDI Nurul Fikri Tulungagung meliputi; penyiapan seperangkat pembelajaran yaitu berupa RPP, materi pelajaran serta menyiapkan Lembar Kerja Siswa (LKS), (2) Bentuk pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation melalui beberapa tahap yaitu: pembagian kelompok awal, pembagian materi, diskusi kelompok awal, diskusi kelas, evaluasi, pemberian penghargaan, dan (3)Evaluasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dalam meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas 3 di SDI Al-Badar Tulungagung dan SDI Nurul Fikri Tulungagung adalah diskusi dengan teman sejawat, hasil presentasi siswa serta pemberian tes tulis dan lisan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 1755154035 NOFALIA ROHMAWATI
Date Deposited: 28 Jun 2018 06:35
Last Modified: 28 Jun 2018 06:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8138

Actions (login required)

View Item View Item