ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ANALOGIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII UNGGULAN A MTSN KARANGREJO TAHUN AJARAN 2017/2018

Lailatul Azizah, 1724143129 (2018) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ANALOGIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII UNGGULAN A MTSN KARANGREJO TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (473kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Berpikir Analogis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII Unggulan A MTsN Karangrejo Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Lailatul Azizah, NIM. 1724143129, pembimbing Miswanto, M. Pd. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Analogis, Menyelesaikan Soal, Relasi dan Fungsi Latar belakang penelitian ini adalah hasil observasi di lapangan, analisis kemampuan berpikir analogis siswa masih rendah, terlihat dari siswa hanya menuliskan jawaban tanpa mengetahui proses dan kesimpulan atas jawaban yang diberikan. Selain itu, kurangnya pemahaman siswa tentang konsep materi yang telah dipelajari mengakibatkan siswa masih mengalami kesulitan atau lamban dalam menangkap masalah matematika. Pada saat diminta untuk mengerjakan soal matematika siswa mengalami kegelisahan dan ada juga yang bertanya kepada temannya terlebih dahulu. Sedangkan salah satu keterampilan berpikir yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam mempelajari matematika adalah berpikir analogis. Berpikir analogis artinya jika orang berusaha mencari hubungan dari peristiwa-peristiwa atas dasar persamaan atau kemiripannya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir analogis siswa yang meliputi 4 tahap yaitu tahap encoding (pengkodean), tahap inferring (penyimpulan), tahap mapping (pemetaan), dan tahap applying (penerapan) dalam menyelesaikan soal materi relasi dan fungsi di kelas VIII Unggulan A MTsN Karangrejo pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/ 2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitiannya menggunakan penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah MTsN Karangrejo, sebagai sumber data 6 orang siswa dari kelas VIII Unggulan A. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, display, dan penarikan kesimpulan. Analisis data dilakukan dengan cara: 1) menyajikan data, 2) membandingkan data hasil tes dan wawancara yang dilakukan terhadap siswa, 3) menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap kelompok kemampuan berpikir analogis tinggi, sedang dan rendah sebesar 33,4% yang terdiri dari 2 siswa. Siswa pada kelompok analogis tinggi dapat menyelesaikan semua soal yang diberikan, serta dapat menjelaskan cara memperolehnya dengan baik dan tepat. Siswa pada kelompok analogis sedang hanya mampu menyelesaikan dua soal yang diberikan. Karena siswa pada tingkat ini kurang teliti dalam melakukan perhitungan serta terjadi kesalahan konsep dalam memahami materi prasyarat dan konsep fungsi dengan baik dan tepat. Siswa pada kelompok analogis rendah hanya mampu menyelesaikan satu soal atau bahkan ada yang sama sekali belum mampu menyelesaikan soal dengan baik dan tepat. Hal ini dikarenakan siswa belum mampu memahami materi fungsi dan operasi aljabar dengan baik dan tepat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143129 LAILATUL AZIZAH
Date Deposited: 26 Jun 2018 03:50
Last Modified: 26 Jun 2018 03:50
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8126

Actions (login required)

View Item View Item