KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs IMAM AL GHOZALI PANJEREJO

IGA MAWARNI AYUNINGTIYAS, 1721143172 (2018) KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs IMAM AL GHOZALI PANJEREJO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (254kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)

Abstract

ABSTRAK Iga Mawarni Ayuningtiyas, NIM. 17211 43172, “Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Imam Al Ghozali Panjerejo”, Skripsi, dosen pembimbing: Dr. H. Nur Kholis, M.Pd. Kata Kunci :Kreativitas Guru, Kualitas Pembelajaran Tujuan penelitian: 1. Untuk mendiskripsikan kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran mata pelajaran akidah akhlak di MTs Imam Al Ghozali Panjerejo. 2. Untuk mendiskripsikan kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran mata pelajaran akidah akhlak di MTs Imam Al Ghozali Panjerejo. 3. Untuk mendiskripsikan kreativitas guru dalam menggunakan sumber pembelajaran mata pelajaran akidah akhlak di MTs Imam Al Ghozali Panjerejo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Lokasi penelitian terletak di MTs Imam Al Ghozali Panjerejo. Data penelitian ini adalah kreativitas guru dalam pembelajaran. Sumber data penelitian ini adalah guru akidah akhlak, kepala sekolah, waka kurikulum dan siswa. Teknik pengumpulan data ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, pemaparan atau penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan dari perpanjang keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan dan triangulasi. Tahap-tahap penelitian ini melalui tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data dan tahap pelaporan. Hasil Penelitian : 1. Kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran yaitu dengan menerapkan metode yang bervariasi dan tepat dalam pembelajaran. Variasi metode mengajar yang digunakan antara lain: metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode resitasi, metode kisah dan metode drill. Penggunaan metode yang bervariasi bertujuan agar proses pembelajaran lebih menarik sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. 2. Kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran yaitu guru kreatif dalam menggunakan media yang beragam dan sesuai dengan materi pelajaran. media yang digunakan guru adalah media visual dan media audiovisual. 3. Kreativitas guru dalam menggunakan sumber belajar yaitu guru memanfaatkan sumber belajar yang ada di dalam sekolah maupun di luar sekolah. Sumber belajar didalam sekolah meliputi LKS, buku paket, buku perpustakaan, alqur’an dan sumber belajar yang diluar sekolah meliputi mushola dan alam sekitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143172 IGA MAWARNI AYUNINGTIYAS
Date Deposited: 16 Jul 2018 06:24
Last Modified: 16 Jul 2018 06:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8106

Actions (login required)

View Item View Item