PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

WARDATUL AULIYA, 1725143304 (2018) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Wardatul Auliya, NIM. 1725143304, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Muhamad Zaini, MA. Kata kunci: Contextual Teaching and Learning, Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya ketertarikan peserta didik terhadap mata pelajaran fikih. Proses pembelajaran dirasa kurang menarik bagi peserta didik karena guru masih menerapkan model konvensional. Peserta didik cenderung bosan karena hanya mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru, sehingga berpengaruh pada motivasi dan hasil belajar yang kurang maksimal. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah inovasi pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik agar motivasi dan hasil belajarnya meningkat, yaitu model Contextual Teaching and Learning (CTL). Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi belajar fikih peserta didik kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? (2) Adakah pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar fikih peserta didik kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? (3) Adakah pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi dan hasil belajar fikih peserta didik kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh model Contextual Teaching & Learning (CTL) terhadap motivasi belajar fikih peserta didik kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk menjelaskan pengaruh model Contextual Teaching & Learning (CTL) terhadap hasil belajar fikih peserta didik kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk menjelaskan pengaruh model Contextual Teaching & Learning (CTL) terhadap motivasi dan hasil belajar fikih peserta didik kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas III MI Podorejo Sumbergempol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh. Sampel yang dipilih sebagai subjek penelitian adalah peserta didik kelas III-A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24 peserta didik dan kelas III-B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji Manova, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan perhitungan uji t angket motivasi diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 dan nilai thitung (14,631) > ttabel (2,021) pada taraf signifikansi 5% sehingga ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi belajar fikih peserta didik kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. (2) Berdasarkan perhitungan uji t post test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,002 < 0,05 dan nilai thitung (3,212) > ttabel (2,021) pada taraf signifikansi 5% sehingga ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar fikih peserta didik kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. (3) Berdasarkan perhitungan uji manova angket motivasi dan post test diperoleh nilai ke-empat p-value (sig) sebesar 0,000. 0,000 < 0,05 sehingga ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi dan hasil belajar fikih peserta didik kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143304 WARDATUL AULIYA
Date Deposited: 08 Jun 2018 06:44
Last Modified: 08 Jun 2018 06:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8101

Actions (login required)

View Item View Item