PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG

EVA SYAHRUR ROHMAH, 1721143136 (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh penerapan model diskusi terhadap kemampuan tes lisan siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung”, ini ditulis oleh Eva Syahrur Rohmah, NIM 1721143136, pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata kunci: Model Diskusi, kemampuan tes lisan siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketidaksiapan dalam diri siswa saat melaksanakan tes lisan, mulai dari kurangnya pemahaman siswa secara menyeluruh tentang mata pelajaran Al-Qur’an Hadis, dan kurangnya kemampuan siswa dalam menyampaikan buah pikiran mereka dengan menggunakan bahasa verbal. Dalam hal ini peneliti akan melihat pengaruh penerapan model diskusi terhadap kemampuan tes lisan siswa pada mata pelajaran Al-qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh penerapan model diskusi pemahaman teks terhadap kemampuan tes lisan pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tunggangri Kalidawir Tulunggagung? (2) Adakah pengaruh penerapan model diskusi studi kasus terhadap kemampuan tes lisan siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung? (3) Adakah pengaruh penerapan model diskusi curah gagasan (brainstorming) terhadap kemampuan tes lisan siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung? Skripsi ini bermanfaat bagi kepala Madrasah Tsanawiyah Penelitian ini bisa dipergunakan sebagai tambahan wawasan dan bahan pertimbangan baru tentang pentingnya penerapan model diskusi terhadap kemampuan tes lisan siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Bagi guru MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung untuk selalu meningkatkan pengetahuan tentang penggunaan model diskusi dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan tes lisan siswa dengan baik dan benar sehingga pada akhirnya siswa memperoleh nilai belajar yang baik. Bagi siswa-siswi MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung sebagai bahan kajian untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengikuti tes lisan pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Bagi peneliti lain sebagai bahan studi perbandingan, masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. xiii Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi (quasi experiment) atau eksperimen semu dengan menggunakan desain Nonrandomized Control Group Pretest-Postest Design dimana dalam rancangan ini dilibatkan dua kelompok yang dibandingkan, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sedangkan instrumen dalam pengumpulan data peneliti menggunakan tes prestasi untuk mengukur kemampuan tes lisan, observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengukur tingkat keterlaksanaan model diskusi. Setelah dilaksanakan pengujian menggunakan t-test independent hasil penelitian menunjukkan bahwa: Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan model diskusi pemahaman teks terhadap kemampuan tes lisan siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung yang ditunjukkan dari thitung>ttabel (6,9746>1,65558). Nilai signifikansi t untuk variabel penerapan model diskusi pemahaman teks adalah 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,000<0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan model diskusi studi kasus terhadap kemampuan tes lisan siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung yang ditunjukkan dari thitung>ttabel (7,2804>1,65558). Nilai signifikansi t untuk variabel penerapan model diskusi studi kasus adalah 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,000<0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan model diskusi curah gagasan (brainstorming) terhadap kemampuan tes lisan siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung yang ditunjukkan dari thitung>ttabel (8,8219>1,65558). Nilai signifikansi t untuk variabel penerapan model diskusi curah gagasan (brainstorming) adalah 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,000<0,05). Dengan demikian, semua pengujian menunjukkan Ho ditolak Ha diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan model diskusi terhadap kemampuan tes lisan siswa pada mata pelajaran AlQur’an Hadis di MTs Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143136 EVA SYAHRUR ROHMAH
Date Deposited: 07 Jun 2018 03:48
Last Modified: 07 Jun 2018 03:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8086

Actions (login required)

View Item View Item