PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 2 TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2017/2018

MOHAMMAD IQBAL FATHONI, 1721143258 (2018) PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 2 TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (639kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (766kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Gaya Mengajar Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 2 Trenggalek Tahun Ajaran 2017/2018”, ini ditulis oleh Mohammad Iqbal Fathoni, NIM. 1721143258. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. NIP.19720608 200212 1 001. Kata Kunci : Gaya Mengajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa dalam menunjang hasil belajar siswa. Apabila dalam proses pembelajaran dapat memakai metode dan alat yang tepat serta memperhatikan gaya mengajar yang sesuai dengan siswa maka hasil belajar siswa akan baik. Berhasilnya pendidikan pada siswa sangat bergantung pada pertanggungjawaban guru dalam melaksanakan tugasnya. Berbicara tentang cara guru memotivasi siswa ini juga sangat berkaitan dengan hasil belajar yang akan dicapai oleh siswa. Belajar dan motivasi selalu mendapatkan perhatian khusus bagi mereka yang belajar dan mengajar. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek. Untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek dan untuk mengetahui pengaruh antara keduannya terhadap hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian yang dipakai adalah survey. Populasi : Seluruh siswa kelas X pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 178 siswa yang ada di SMAN 2 Trenggalek. Sampel berjumlah 119 siswa dengan tehnik pengambilan sampel yaitu proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data : analisis deskriptif, uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, linieritas, regresi linier sederhana dan regresi berganda dengan bantuan SPSS for Windows 16.0. Hasil penelitian yaitu, (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikansi t untuk variabel gaya mengajar guru adalah 0,015 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,015< 0,05) dan nilai thitung = 1,995>ttabel = 1,980 berarti H0 ditolak. Dan nilai signifikansi F untuk variabel gaya mengajar guru adalah 0,035 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,035 < 0,05) dan nilai Fhitung = 4,543> Ftabel = 3,920 berarti H0 ditolak.(2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikansi t untuk xvi variabel motivasi belajar siswa adalah 0,027 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,027 < 0,05) dan nilai thitung = 1,981 > ttabel = 1,980 berarti H0 ditolak. Dan nilai signifikansi F untuk variabel motivasi belajar siswa adalah 0,011 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,011 < 0,05) dan nilai Fhitung = 6,718 > Ftabel = 3,920 berarti H0 ditolak.(3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikansi F untuk variabel gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa adalah 0,019 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,019< 0,05) dan nilai Fhitung = 4,085 >Ftabel = 3,920 berarti H0 ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143258 MOHAMMAD IQBAL FATHONI
Date Deposited: 05 Jun 2018 06:53
Last Modified: 05 Jun 2018 06:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8073

Actions (login required)

View Item View Item