KOMPETENSI PROFESIONAL GURU ALQURAN HADIS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTs ASWAJA TUNGGANGRI TULUNGAGUNG

ENDAH NI’MATUR ROHMAH, 1721143129 (2018) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU ALQURAN HADIS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTs ASWAJA TUNGGANGRI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (976kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (574kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (835kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (382kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kompetensi Profesional Guru Alquran Hadis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung” ini ditulis oleh Endah Ni’matur Rohmah, NIM. 1721143129, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2018, Pembimbing Dr. Khoirul Anam, M. Pd. I. Kata Kunci : Kompetensi Profesional Guru, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi adanya tuntutan guru Pendidikan Agama Islam terutama Alquran Hadis yang harus memiliki kompetensi profesional dalam menguasai materi secara mendalam. Media dan metode yang digunakan pun beraneka ragam. Jika ketiga hal tersebut telah dikuasai oleh guru, idealnya pembelajaran akan berlangsung menarik dan tujuan pembelajaran akan tercapai. Fokus penelitian ini adalah 1) Kompetensi profesional guru Alquran Hadis dalam penguasaan materi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Aswaja Tunggangri, 2) Kompetensi profesional guru Alquran Hadis dalam pemanfaatan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Aswaja Tunggangri, dan 3) Kompetensi profesional guru Alquran Hadis dalam penggunaan metode pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Aswaja Tunggangri. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan secara mendalam kompetensi profesional guru Alquran Hadis dalam penguasaan materi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Aswaja Tunggangri, 2) Mendeskripsikan secara mendalam kompetensi profesional guru Alquran Hadis dalam pemanfaatan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Aswaja Tunggangri, 3) Mendeskripsikan secara mendalam kompetensi profesional guru Alquran Hadis dalam penggunaan metode pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Aswaja Tunggangri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan ketekunan atau keajekan pengamatan, triangulasi, pengecekan sejawat, dan memperpanjang waktu kehadiran. Hasil penelitian ini: 1) Guru meningkatkan pengetahuan secara mandiri untuk menguasai materi yang akan disampaikan dengan membaca buku-buku sumber, mengikuti diklat mata pelajaran, dan diskusi dengan teman sejawat. Selain itu, guru Alquran Hadis sebagai seorang yang profesional dengan penguasaan materi yang luas dan mendalam sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya mampu merancang materi pembelajaran yaitu dengan pemilihan bahan ajar dengan mengacu atau merujuk pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, mampu menyampaikan materi pembelajaran dengan memberikan penjelasan secara logis disertai contoh yang berkaitan dengan kehidupan sehari hari, 2) Guru menggunakan media papan tulis, modul, atau LCD, dan kartu hafalan. Penggunaan media harus melalui pemilihan dengan prinsip-prinsip tertentu ynag harus dipenuhi, agar pemilihan media dapat berjalan dengan baik, karena pemilihan media yang tepat sangat mempengaruhi sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran. Jika pemilihan media tepat dan bervariasi maka hasil belajar siswa juga akan semakin tinggi sehingga tercapailah tujuan pembelajaran yang diharapkan, 3) Guru menerapkan bermacam-macam metode, yaitu metode ceramah, diskusi, penugasan, tanya jawab, hafalan, qiro’aty, bimbingan teman sejawat, dan Al-Barqy. Penggunaan metode tidak digunakan begitu saja melainkan melalui tahap pemilihan yang didalamnya meliputi menyesuaikan dengan materi pelajaran, sesuai dengan karakter siswa, guru menguasai metode, situasi dan kondisi kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143129 ENDAH NI’MATUR ROHMAH
Date Deposited: 06 Jun 2018 01:55
Last Modified: 06 Jun 2018 01:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8067

Actions (login required)

View Item View Item