Faktor – faktor yang Mempengarui Masyarakat Dalam Pengambilan Keputusan milih Usaha Jamur Tiram di Tinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus di Desa Moyoketen Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung)

Astutik, Yuli Puji (2012) Faktor – faktor yang Mempengarui Masyarakat Dalam Pengambilan Keputusan milih Usaha Jamur Tiram di Tinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus di Desa Moyoketen Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
cover skripsi OKE.doc

Download (185kB)
[img] Text
skripsi bab 1--5 KU.docx

Download (119kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (44kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING...3 .docx

Download (23kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci : Pengaruh Masyarakat , Etika Bisnis islam. Penelitian ini dilatarbelakangi karena masyarakat yang ada di sekitar peneliti memilih usaha jamur. Dimana usaha jamur tersebut menurut mereka sangatlah menguntungkan dibandingkan usaha yang lain. Selain itu usaha jamur memerlukan modal yang relatif kecil. Oleh karena itu,peneliti tertarik untuk meneliti secara mendalam mengenai faktor – faktor yang mempengarui masyarakat dalam pengambilan keputusan memilih usaha jamur berdasarkan etika bisnis Islam. Maka peneliti mengangkat judul Skripsi ini dengan judul “ FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHIi MASYARAKAT DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMILIH USAHA JAMUR TIRAM DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM.” Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1). faktor apa yang mempengarui masyarakat memilih usaha jamur 2). Apa faktor pendukung dan penghambat masyarakat dalam memilih usaha jamur?. Tujuan Penelitian: 1). Mengetahui faktor apa yang mempengarui masyarakat memilih usaha jamur.2). Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat masyarakat dalam memilih usaha jamur. Penelitias ini dilakukan kepada para masyarakat yang mengambil keputusan memilih usaha jamur tiram dan proses pengumpulan data dalam penetian ini adalah melalui metode interview, observasi dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian ini yang di gunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan hasil wawancara dengan para masyarakat yang telah mengambil keputusan memilih usaha jamur dan data – data lainnya yang kemudian menganalisis nya dengan teori. Hasil penelitian: dalam peneliti ini dapat disimpulkan bahwa: 1.faktor yang mempengaruhi masyarakat memilih usaha jamur tirama adalah: a). Faktor kemudahan dalam mencrimedia jamur tiram. b). Faktor harga jual jamur tinggi dan harga jual relativ stabil, sehingga resiko kerugian sangat kecil. c). Faktor permintaan selalumeningkat. d). Faktor kemudahan dalam proses produksi. 2. Faktor pendukung dan penghambat masyarakat dalam memilih usaha jamur adalah: a). Prospek atau peluangnya cukup besar untuk dikembangkan. c). Pemeliharaan tidak terlalu begitu sulit dan tidak memerlukan modal yang cukup banyak. d). tidak membutuhkan tenaga kerja yang banyakProspek atau peluangnya cukup besar untuk dikembangkan. Adapun faktor penghambatnya adalah: penghambat dalam usaha jamur ini hanya bersumber dari dalam, yaitu faktor keahlian dari perilaku usaha jamur, baik keahlian dalam produksi maupun dalam hal pemasaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 26 Jan 2015 06:20
Last Modified: 26 Jan 2015 06:20
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/806

Actions (login required)

View Item View Item