PENGARUH TERAPI KOGNITIF BERBASIS SPIRITUAL TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRESS (STUDI KASUS PADA REMAJA DI LPKA KELAS I BLITAR)

RANI MARIZKA, 1733143062 (2018) PENGARUH TERAPI KOGNITIF BERBASIS SPIRITUAL TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRESS (STUDI KASUS PADA REMAJA DI LPKA KELAS I BLITAR). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (523kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (131kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Terapi Kognitif Berbasis Spiritual Terhadap Penurunan Tingkat Stress Remaja (Studi Kasus Pada Remaja di LPKA Kelas I Blitar)” ini ditulis oleh Rani Marizka, NIM. 1733143062, pembimbing Khalimatus Sa’diyah, M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena remaja lapas atau anak binaan dalam menjalani kehidupannya di lembaga pembinaan yang penuh dengan situasi menekan. Adaptasi di lingkungan baru, jauh dari keluarga, hilangnya hak kebebasan, dan stigma masyarakat tentang seorang narapidana, hal-hal tersebut merupakan sumber stressor bagi remaja lapas yang berakibat pada gangguan psikologis salah satunya yaitu stress. Selain dari faktor eksternal, faktor stress juga dapat berasal dari dalam diri individu. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap stress adalah faktor kognitif. Penilaian kognitif merupakan interpretasi individu terhadap peristiwa yang dirasa berbahaya, dan tidak memiliki kemampuan yang cukup untuk mengatasinya. Oleh karena itu peneliti memberikan intervensi terapi kognitif yang diintregasikan dengan spiritual untuk membantu mengatasi stress remaja binaan di LPKA Kelas I Blitar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, 1). Bagaimana gambaran tingkat stress remaja di LPKA Kelas I Blitar ?. 2). Seberapa besar pengaruh terapi kognitif berbasis spiritual terhadap penurunan tingkat stress remaja di LPKA Kelas I Blitar ?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk : 1). Mengetahui gambaran tingkat stress remaja di LPKA Kelas I Blitar. 2). Mengetahui seberapa besar pengaruh terapi kognitif berbasis spiritual terhadap penurunan tingkat stress remaja LPKA Kelas I Blitar. Skripsi ini bermanfaat bagi lembaga yang terkait, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka meningkatkan mutu pembinaan bagi para remaja lapas atau anak binaan. Bagi anak binaan LPKA Kelas I Blitar sebagai tambahan pengetahuan untuk mengatasi dan mengelola stress. Bagi para pembaca maupun penelitian selanjutnya berguna sebagai bahan rujukan dan pengembangan penelitian lebih lanjut. Model pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen semu (quasi-experimental) dengan desain the one group pre test-post test. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling, dengan menggunakan 7 subjek sebagai kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh terapi kognitif berbasis spiritual terhadap penurunan stress remaja di LPKA Kelas I Blitar. Berdasarkan hasil uji wilcoxon signed ranks test diperoleh nilai asymp. sig. (2-tailed) < 0,05 atau 0,018 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil skor pre test dan post test. Serta hasil uji sumbangan efektif regresi linier diperoleh R Square sebesar 0,455 yang menunjukkan bahwa prosentase pengaruh terapi kognitif berbasis spiritual terhadap penurunan stress sebesar 45,5%. Dengan demikian, hipotesis dalam penelitian ini menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Terapi Kognitif Spiritual, Stress, Remaja

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Umum
Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Tasawuf Psikoterapi
Depositing User: 1733143062 RANI MARIZKA
Date Deposited: 31 May 2018 03:38
Last Modified: 31 May 2018 03:38
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8026

Actions (login required)

View Item View Item