UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL REMAJA DI SMK “SORE” TULUNGAGUNG

MOCHAMAD KHOIRUL ANAM, 1721143246 (2018) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL REMAJA DI SMK “SORE” TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (378kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Self Control di SMK “Sore” Tulungagung”, ini ditulis oleh Mochamad Khoirul Anam, NIM 1721143246, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Drs. H. Muh. Kharis. M.Pd. Kata Kunci: Self Control, behavioral control, cognitive control, decisional control Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa permasalahan remaja sekarang banyak siswa yang tidakmampu mengontrol diri sendiri seperti halnya melanggar tata tertib. misalnya menyontek. Apabila siswa sebelum ujian tidak mampu mengontrol kognitifnya (cognitive control) untuk belajar maka nantinya siswa akan merasa cemas. Dan rasa cemas ini akan memunculkan keputusan untuk menyontek untuk mendapatkan nil;ai yang baik. Kontrol keputusan (desicional control) siswa lemah dimana mengambil alternative sebagai keputusan yang kurang matang. Yang nantinya menghasilkan tindakan menyontek. Kontrol perilaku (behavior control) juga tidak berjalan karena untuk mendapat menyontek siswa tersebut mengganggu teman sebangkunya. Berdasarkan dari fenomena tersebut maka diperlukan upaya dari guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan Self Control remaja di SMK “Sore” Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Self Control remaja aspek Cognitive Control di SMK “Sore” Tulungagung? (2) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Self Control remaja aspek Decisional Control di SMK “Sore” Tulungagung ? (3) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Self Control remaja aspek Behavior Control di SMK “Sore” Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan self control remaja aspek cognitive control, untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan self control remaja aspek decisional control di SMK “Sore” Tulungagung, dan untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan self control remaja aspek behavior control di SMK “Sore” Tulungagung Skripsi ini bermanfaat bagi kalangan akademisi termasuk IAIN TULUNGAGUNG hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan, informasi dan sekaligus referensi yang berupa bacaan Ilmiah. Bagi Kepala SMK “Sore” Tulungagung, sebagai sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran. Bagi para guru SMK “Sore” Tulungagung sebagai dasar melakukan pembinaan self control siswa. Bagi siswa SMK “Sore” Tulungagung sebagai bahan kajian dan renungan untuk memperbaiki self control remaja. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskripstif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan Verifikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan, triangulansi, dan pengecekan sejawat. xiv Hasil penelitian di SMK “Sore” Tulungagung penulis menyimpulkan bahwa: (1) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Self Control Remaja aspek Cognitive Control di SMK “Sore” Tulungagung adalah Membiasakan siswa untuk membaca materi setiap mengawali pembelajaran, dan menjelaskan materi dengan menghubungkan materi PAI dengan kehidupan sehari-hari, guru juga menyuruh siswa mencari sumber pengetahuan selain dari LKS. Membiasakan menggarisbawahi kalimat penting supaya mudah untuk dicari lagi ketika diperlukan, dan hafalan ayat-ayat Al Qur’an untuk memperkuat daya ingat siswa. (2) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Self Control remaja aspek Decisional Control di SMK “Sore” Tulungagung adalah guru melakukan sesi tanya jawab di setiap diskusi, setiap pertanyaan siswa di apresiasi dengan memberi bonus nilai supaya bisa menumbuhkan rasa percaya diri sehingga siswa tidak akan malu bertanya lagi, pemberian tugas merupakan tanggungjawab siswa yang harus diselesaikan supaya siswa terbiasa mengontrol keputusan untuk segera menyelesaikan tugas tersebut. (3) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Self Control remaja aspek Behavior Control di SMK “Sore” Tulungagung adalah dengan memberi keteladanan kepada siswa, pemberian isyarat dan teguran ketika siswa melakukan pelanggaran, pemberian hukuman supaya siswa jera dan tidak mengulang perilaku menyimpang, melibatkan siswa dalam kegiatan keagamaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143246 MOCHAMAD KHOIRUL ANAM
Date Deposited: 26 Jul 2018 03:34
Last Modified: 26 Jul 2018 03:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8002

Actions (login required)

View Item View Item