PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PYTHAGORAS KELAS VIII SMPN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

AZIZATUL MAGHFIRAH, 1724143051 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PYTHAGORAS KELAS VIII SMPN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (810kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (366kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (594kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (668kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (675kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (126kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Terhadap Pemahaman Matematika Siswa Pada Materi Pythagoras kelas VIII SMPN 1 Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Azizatul Maghfirah, NIM. 1724143051, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs), Pemahaman Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penguasaan konsep matematika yang kurang dalam proses pembelajaran serta guru menyampaikan materi dengan model hafalan, ditunjukkan pada saat siswa mengerjakan soal yang berbeda dengan contoh yang diberikan oleh guru, siswa tidak bisa menyelesaikan soal tersebut karena rendahnya konsep siswa dalam pelajaran matematika. Selain itu kurangnya tingkat pemahaman siswa dalam memahamai materi saat proses pembelajaran. Antusias siswa dalam belajar matematika sangat masih kurang ia menganggap bahwa matematika adalah suatu pelajaran hafalan dan menurutnya itu sangat membebani bagi siswa. Tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran conceptual understanding procedures (CUPs)terhadap pemahaman matematika siswa pada materi pythagoras kelas VIIISMPN 1 Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2017/2018; (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran conceptual understanding procedures (CUPs)terhadap pemahaman matematika siswa pada materi pythagoras kelas VIIISMPN 1 Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 1 Ngunut Tulungagung. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Sampelnya adalah kelas VIII-D yang berjumlah 42 siswa dan VIII-E berjumlah 42 siswa, jadi totalnya 84 siswa. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan bantuan SPSS16.0for windows. Diperoleh db sebesar 82 dengan taraf sifnifikan 5% nilai t-tabel sebesar 1,98 sedangkan t-hitung sebesar -3,19, karena nilai t-hitung bernilai negatif oleh karena itu nilai t-tabel juga bernilai negatif, jadi dapat disimpulkan bahwa t-hitung>t-tabel yaitu -3,19 > -1,96. Maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian ini menyimpulkan (1) ada pengaruh yang signifikan pemberian model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap pemahaman matematika siswa pada materi Pythagoras Kelas VIII SMPN 1 Ngunut. (2) besar pengaruh model pembelajaran CUPs terhadap pemahaman matematika siswa pada materi pythagoras kelas VIII SMPN 1 Ngunut adalah dalam kategori “sedang” yaitu sebesar 76%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S.Pd 1724143051 Azizatul Maghfirah
Date Deposited: 09 Jul 2018 06:39
Last Modified: 09 Jul 2018 06:39
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/7994

Actions (login required)

View Item View Item