PENGARUH METODE UMMI TERHADAP MINAT BELAJAR BACA AL-QUR'AN SISWA DI SD PLUS BAITUSSALAM

AYU FARAH DHIA SUTIKNO, 1721143079 (2018) PENGARUH METODE UMMI TERHADAP MINAT BELAJAR BACA AL-QUR'AN SISWA DI SD PLUS BAITUSSALAM. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (891kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (392kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (366kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (568kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (598kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (517kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (436kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (143kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (198kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Ummi terhadap Minat Belajar Baca Al-Qur’an Siswa SD Plus Baitussalam Tertek Tulungagung” ini ditulis oleh Ayu Farah Dhia Sutikno, NIM. 1721143079, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Lukluk Nur Mufidah, M.Pd.I., NIP. 19790319 200312 2 002 Kata Kunci: Metode Ummi, Minat Belajar Al-Qur’an Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena pendidikan Al-Qur’an yang saat ini dihadapkan pada zaman yang lebih berat dimana sekarang dengan mudah dijumpai anak-anak dan remaja muslim yang belum mampu membaca Al-Qur’an. SD Plus Baitussalam Tertek merupakan salah satu lembaga pendidikan yang dalam program pendidikan mengadakan pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode ummi. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh metode Ummi melalui direct method terhadap minat belajar baca Al-Qur’an siswa SD Plus Baitussalam Tertek Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh metode Ummi melalui repetition terhadap minat belajar baca Al-Qur’an siswa SD Plus Baitussalam Tertek Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh metode Ummi melalui affection terhadap minat belajar baca Al-Qur’an siswa SD Plus Baitussalam Tertek Tulungagung. (4) untuk mengetahui pengaruh metode Ummi terhadap minat belajar baca Al-Qur’an siswa di SD Baitussalam Tertek Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-postfacto lokasi penelitiannya di SD Plus Baitussalam Tertek Tulungagung. Pengambilan sampel menggunakan tehnik stratified random sampling dengan mengambil 15% dari jumlah populasi. Dalam pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi dengan menggunakan analisis uji prasyarat hipotesis dan uji hipotesis. Hasil penelitian mengungkapkan (1) Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa metode ummi melalui direct method memiliki pengaruh terhadap minat belajar baca al-Qur’an siswa di SD Plus Baitussalam, Tertek Tulungagung dengan hasil hipotesis didapat nilai thitung adalah 3,953 dan diketahui ttabel adalah 2,11, sehingga thitung>ttabel dan taraf sign = 0,001, sign<0,05. (2) Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa metode ummi melalui repetition memiliki pengaruh terhadap minat belajar baca al-Qur’an siswa di SD Plus Baitussalam, Tertek Tulungagung dengan hasil hipotesis didapat nilai thitung adalah 2,363 dan diketahui ttabel adalah 2,11, sehingga thitung>ttabel dan taraf sign = 0,03, sign<0,05. (3) Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa metode ummi melalui affection memiliki pengaruh terhadap minat belajar baca al-Qur’an siswa di SD Plus Baitussalam, Tertek Tulungagung dengan hasil hipotesis didapat nilai thitung adalah 2,545 dan diketahui ttabel adalah 2,11, sehingga thitung>ttabel dan taraf sign = 0,021, sign<0,05. (4) Hasil pengujian hipotesis secara simultan diperoleh bahwa metode ummi memiliki pengaruh terhadap minat belajar baca al-Qur’an siswa di SD Plus Baitussalam, Tertek Tulungagung dengan hasil hipotesis nilai fhitung adalah 5,185 dan diketahui ftabel adalah 3,29, dan nilai sign = 0,12, sehingga dapat disimpulkan fhitung>ftabel dan sign<0,05

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143079 Ayu Farah Dhia Sutikno
Date Deposited: 28 May 2018 06:51
Last Modified: 28 May 2018 06:51
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/7953

Actions (login required)

View Item View Item