PENERAPAN METODE THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS IV MI DARUSSALAM 01 ARIYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG

LULUK FAUZIAH, 2817133093 (2018) PENERAPAN METODE THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS IV MI DARUSSALAM 01 ARIYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)

Abstract

ABSTRAK Fauziah, Luluk, 2817133098, 2017, Penerapan Metode The Power Of Two Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas IV MI Darussalam 01 Aryojeding Rejotangan Tulungagung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing : Dr. Susanto, M.Pd. Kata kunci: Metode The Power of Two, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah pada pembelajaran Bahasa Inggris di MI Darussalam 01 Aryojeding Rejotangan Tulungagung dimana keaktifan, kerjasama, dan hasil belajar masih rendah. Meskipun sudah menggunakan metode yang variatif yakni metode drill dipadukan dengan ceramah dan pemberian tugas, pembelajaran belum berjalan dengan maksimal. Dalam hal ini, peneliti berusaha mengatasi permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Inggris melalui penerapan metode The Power of Two. Penerapan metode The Power of Two dalam proses pembelajaran diharapkan dapat membantu meningkatkan keaktifan, kerjasama, dan hasil belajar peserta didik Kelas IV MI Darussalam 01 Aryojeding Rejotangan Tulungagung. Fokus penelitian adalah: 1. Bagaimana penerapan metode The Power of Two yang dikembangkan dalam mata pelajaran Bahasa Inggris topik bahasan Things Around Us kelas IV MI Darussalam 01 Aryojeding Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? 2. Bagaimana peningkatan keaktifan dan kerjasama dalam pelajaran Bahasa Inggris Inggris topik bahasan Things Around Us melalui penerapan metode The Power of Two yang dikembangkan pada peserta didik kelas IV MI Darussalam 01 Aryojeding Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? 3. Bagaimana peningkatan hasil belajar dalam pelajaran Bahasa Inggris Inggris topik bahasan Things Around Us melalui penerapan metode The Power of Two yang dikembangkan pada peserta didik kelas IV MI Darussalam 01 Aryojeding Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang prosesnya meliputi: (1) tahap perencanan (planing), (2) tahap pelaksanaan (act), (3) tahap observasi (observe), dan (4) tahap refleksi (reflection). Perencanaan Siklus I dibuat berdasarkan hasil observasi awal. Sedangkan pada Siklus II, perencanaan dibuat berdasarkan hasil refleksi Siklus I. Dalam langkah pelaksanaan, metode The Power of Two dilakukan dalam Siklus I dan Siklus II. Sedangkan pada tahap observasi yaitu pengumpulan data dilakukan wawancara, obsevasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Tahap refleksi pada Siklus I dan Siklus II, dimaksudkan untuk menganalisa data untuk menentukan apakah kriteria keberhasilan sudah tercapai atau belum. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan keaktifan, kerjasama, dan hasil belajar melalui penerapan metode The Power of Two dalam pelajaran Bahasa Inggris topik bahasan Things Around Us peserta didik Kelas IV di MI Darussalam 01 Aryojeding Rejotangan Tulungagung. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan prosentase rata-rata keaktifan dan kerjasama peserta didik pada Siklus I yakni 74,6% meningkat 89,2% pada Siklus II. Sedangkan peningkatan hasil belajar peserta didik dapat diketahui dari nilai prosentase ketuntasan hasil belajar peserta didik dari 40% pada Pre Test, meningkat menjadi 63,33% pada Post Test Siklus I, dan meningkat lagi 83,33% pada Post Test Siklus II. Dengan capaian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode The Power of Two dapat menyelesaikan masalah-masalah pembelajaran Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan meningkatnya keaktifan, kerjasama, dan hasil belajar dalam pelajaran Bahasa Inggris topik bahasan Things Around Us peserta didik Kelas IV di MI Darussalam 01 Aryojeding Rejotangan Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133093 LULUK FAUZIAH
Date Deposited: 19 Jul 2018 04:11
Last Modified: 19 Jul 2018 04:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7951

Actions (login required)

View Item View Item