Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Matematika di Masa Tingginya Peradaban Islam (Tinjauan Historis Polymath Islam di Masa Keemasan Islam)

NI’MA, KHOLILA ULIN (2012) Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Matematika di Masa Tingginya Peradaban Islam (Tinjauan Historis Polymath Islam di Masa Keemasan Islam). [ Skripsi ]

[img] Text
bab 1-6.docx

Download (226kB)
[img] Text
bagian awal skripsi.doc

Download (142kB)
[img] Text
Cover n bagian akhir skripsi.docx

Download (656kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: metode pembelajaran, matematika, polymath Islam, masa keemasan Islam. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fakta buruknya output peserta didik di Indonesia khususnya dalam bidang matematika. Permasalahan ini harus dicarikan solusi pemecahannya. Sudah banyak para peneliti yang mencoba mencarikan pemecahan dengan menciptakan metode atau model-model pembelajaran yang baru. Namun, nyatanya belum ada perubahan yang signifikan dalam penguasaan matematika para peserta didik. Dari sini peneliti ingin mengajak flashback ke masa tingginya peradaban Islam, khususnya pada masa keemasan Islam. Pada masa tersebut Daulah Islamiyah telah menerapkan suatu metode pembelajaran yang dapat memunculkan polymath-polymath Islam yang luarbiasa, yang ahli di berbagai bidang Ilmu, termasuk matematika. Oleh sebab itu peneliti merasa tertarik untuk menganalisis metode pembelajaran matematika yang diterapkan oleh para polymath tersebut. Skripsi ini bertujuan untuk: (1) mengetahui metode pembelajaran yang ada dalam sistem pendidikan Islam, (2) mengetahui peran ilmu matematika terhadap ilmu lainnya, khususnya pada masa sistem pendidikan Islam diterapkan, (3) mengetahui metode pembelajaran yang telah diterapkan oleh para polymath Islam di masa keemasan Islam, (4) mengetahui kesesuaian metode pembelajaran di masa keemasan Islam jika diterapkan di masa sekarang. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan. Data yang digunakan adalah data teoritis dan sumber data yang digunakan adalah sumber data noninsani dimana ia termasuk sumber data sekunder. Hasil penelitian ini adalah: (1) metode pembelajaran Islam yang diterapkan dalam sistem pendidikan Islam adalah penyampaian (khithab) dan penerimaan (talaqqiy) pemikiran dari pengajar kepada pelajar; (2) Ilmu matematika, khususnya pada masa sistem pendidikan Islam diterapkan, berperan sebagai ilmu dasar yang membawahi berbagai bidang keilmuan; (3) metode pembelajaran matematika yang diterapkan oleh para polymath Islam di masa keemasan Islam ini adalah bersumber pada metode pembelajaran Islam, yakni penyampaian (khithab) dan penerimaan (talaqqiy) pemikiran dari pengajar kepada pelajar; (4) metode pembelajaran yang diterapkan oleh polymath Islam di masa keemasan Islam tidak sesuai jika diterapkan di masa sekarang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 26 Jan 2015 04:19
Last Modified: 26 Jan 2015 04:19
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/795

Actions (login required)

View Item View Item