PENGARUH MEDIA VISUAL (WAYANG-WAYANGAN) TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) PESERTA DIDIK KELAS IV MIN SUMBERJATI KADEMANGAN BLITAR

FEBRIAN DWI KARTIKA SARIFEBRIAN DWI KARTIKA SARI, 1725143099 (2018) PENGARUH MEDIA VISUAL (WAYANG-WAYANGAN) TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) PESERTA DIDIK KELAS IV MIN SUMBERJATI KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (940kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Febrian Dwi Kartika Sari, 1725143099, 2018 “Pengaruh Media Visual (Wayang-wayangan) Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Peserta Didik Kelas IV di MIN Sumberjati Kademangan Blitar”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Dr. Mohamad Jazeri, M.Pd Kata Kunci: Media Visual (Wayang-wayangan), Minat belajar, Prestasi belajar Salah satu teknik untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang dapat membuat peserta didik tertarik dan tidak bosan. Salah satu media yang menarik minat peserta didik yaitu media visual (wayang-wayangan). Media visual (wayang-wayangan) adalah alat bantu pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan pembelajaran yang berupa cerita yang terbuiat dari kertas berbentuk kartun, gambar, gambar asli yang diberi tangkai untuk menggerak-gerakannya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk menjelaskan pengaruh media visual (wayang-wayangan) terhadap minat belajar SKI peserta didik kelas IV di MIN Sumberjati Kademangan Blitar. 2) Untuk menjelaskan pengaruh media visual (wayang-wayangan) terhadap prestasi belajar SKI peserta didik kelas IV di MIN Sumberjati Kademangan Blitar. 3) Untuk menjelaskan pengaruh media visual (wayang-wayangan) terhadap minat dan prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) peserta didik kelas IV di MIN Sumberjati Kademangan Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian True Eksperimental Design dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes, dan. angket. Data yang diperoleh diolah dengan Independent Sample T-test dan analisis anova 2 arah atau MANOVA (Multivariate Analysis of Variance). Independent Sample T-test untuk mengetahui pengaruh media visual (wayang-wayangan) terhadap minat belajar peserta didik dan pengaruh media visual (wayang-wayangan) terhadap prestasi belajar peserta didik kelas IV MIN Sumberjati Kademangan Blitar mata pelajaran SKI materi Nabi Muhammad Hijrah ke Thaif, sedangkan anova 2 arah atau disebut MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) untuk mengetahui pengaruh media visual (wayang-wayangan) terhadap minat belajar dan prestasi belajar peserta didik kelas IV MIN Sumberjati Kademangan Blitar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) materi Nabi Muhammad Hijrah ke Thaif. Hasil penelitian ini adalah: 1) diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,006, nilai Sig. (2-tailed) 0,006 < 0,05 maka H_o ditolak dan H_a diter ima. Dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh media visual (wayang-wayangan) terhadap minat belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) peserta didik kelas IV MIN Sumberjati Kademangan Blitar. Hasil penelitian ini adalah: 2) diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,038, nilai Sig. (2-tailed) 0,038 < 0,05 maka H_o ditolak dan H_a diterima. Dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh media visual (wayang-wayangan) terhadap prestasi belajar peserta didik kelas IV MIN Sumberjati Kademangan Blitar. Hasil penelitian ini adalah: 3) diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,004, nilai Sig. (2-tailed) 0,004 < 0,05 maka H_o ditolak dan H_a diterima. Dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh media visual (wayang-wayangan) terhadap minat belajar dan prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) peserta didik kelas IV MIN Sumberjati Kademangan Blitar. Jika media visual (wayang-wayangan) digunakan maka minat dan prestasi belajar peserta didik akan meningkat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143099 FEBRIAN DWI KARTIKA SARI
Date Deposited: 19 Sep 2018 04:04
Last Modified: 19 Sep 2018 04:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7942

Actions (login required)

View Item View Item