PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAHLUK HIDUP IPA PESERTA DIDIK KELAS III MI MIFTAHUL HUDA KARANGSONO NGUNUT TULUNGAGUNG

NUR ROFIDAH, 2817123120 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAHLUK HIDUP IPA PESERTA DIDIK KELAS III MI MIFTAHUL HUDA KARANGSONO NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (428kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (177kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik kelas III MI Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017” Ini ditulis oleh Nur Rofidah, NIM: 2817123120, skripsi jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Eny Setyowati, S.Pd. MM. Kata Kunci : Kooperatif, Numbered Heads Together (NHT), Belajar, IPA Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah (MI) selama ini lebih menekankan kepada metode pembelajaran yang konvensional, di mana saat proses pembelajaran berlangsung gurulah yang cenderung lebih aktif dan siswa hanya pasif, sehingga siswa merasa cepat bosan. Akibatnya, Hasil belajar peserta didik kurang baik. Berangkat dari permasalahan inilah peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi Ciri-ciri dan Kebutuhan Mahluk Hidup peserta didik kelas III di MI Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dapat meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran IPA materi pokok bahasan Ciri-ciri dan kebutuhan mahluk hidup pada siswa kelas III MI Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017? (2) Apakah ada peningkatan hasil belajar IPA pokok bahasan Ciri-ciri dan kebutuhan mahluk hidup pada peserta didik kelas III MI Miftahul Huda Karanagsono Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dapat meningkatkan hasil belajar dalam menganalisis tumbuhan pada mata pelajaran IPA Pokok Bahasan Ciri-ciri dan kebutuhan mahluk hidup Pada peserta didik Kelas III MI Miftahul Huda Karanagsono Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA Pokok Bahasan Ciri-ciri dan kebutuhan mahluk hidup Peserta Didik Kelas III MI Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas /PTK (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Yang menjadi subyek penelitian adalah peserta didik kelas III MI Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung dengan jumlah 23 peserta didik. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu apabila penguasaan materi siswa mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai. dengan nilai KKM 70. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran numbered heads together ini dengan langkah-langkah, Guru menyebutkan salah satu nomor dan tiap-tiap anggota kelompok yang memiliki nomor yang sama mengacungkan tangan dan menyiapakan jawaban untuk seluruh kelas, kemudian guru memilih secara acak kelompok yang harus menjawab pertanyaan tersebut, selanjutnya nomor yang disebut guru dari kelompok tersebut mengangkat tangan dan berdiri untuk menjawab pertanyaan. Sedang dari kelompok lain yang memiliki nomor yang sama menanggapi jawaban tersebut materi Ciri-ciri dan Kebutuhan Mahluk Hidup. (2) Penerapan model pembelajaran IPA dengan mengunakan model pemebelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningatkan hasil belajar peserta didik materi Ciri-ciri dan Kebutuhn Mahluk Hidup. Peningkatan hasil belajar dapat dibuktikan dengan nilai siswa yang semakin membaik. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata peserta didik yang awalnya 64,13 (pre test), meningkat menjadi 70,21 (post test siklus I), dan meningkat lagi menjadi 81, 20 (post test siklus II). Selain itu, peningkatan hasil belajar peserta didik juga dapat dilihat dari ketuntasan belajarnya. Terbukti dengan prosesntase ketuntasan belajar dari 39, 13% (pre test) meningkat menjadi 56,52% (post test siklus I), dan meningkat kembali menjadi 85,71% (post test siklus II).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123120 NUR ROFIDAH
Date Deposited: 15 May 2018 02:00
Last Modified: 15 May 2018 02:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7925

Actions (login required)

View Item View Item