PENGARUH KETELADANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDAYA RELIGIUS SEKOLAH TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG

DILLA YULIA MALWITA, 1721143116 (2018) PENGARUH KETELADANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDAYA RELIGIUS SEKOLAH TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (707kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (486kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam dan Budaya Religius Sekolah Terhadap Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 1 Rejotangan Tulungagung”, ini ditulis oleh Dilla Yulia Malwita. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institus Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Prim Masrokan Mutohar, M. Pd., NIP. 197206082002121001. Kata kunci: Keteladanan, Budaya Religius, Karakter Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lingkungan keluarga yang kurang memberi keseimbangan kedekatan kepada anak. Keteladanan guru dan budaya religius memegang peran penting dalam menumbuhkembangkan nilai-nilai karakter yang ada pada diri peserta didik, sehingga dapat mewujudkan akhlakul karimah pada diri peserta didik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) bagaimana keadaan tentang keteladanan guru Pendidikan Agama Islam, Budaya religius sekolah, dan karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Rejotangan Tulungagung? (2) Adakah pengaruh keteladanan guru Pendidikan Agama Islam terhadap karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Rejotangan Tulungagung? (3) Adakah pengaruh budaya religius sekolah terhadap karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Rejotangan Tulungagung? (4) Adakah pengaruh keteladanan guru Pendidikan Agama Islam dan budaya religius sekolah terhadap karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Rejotangan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Rejotangan Tulungagung yang terdiri dari 157 peserta didik. Pengambilan sampel tersebut menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Variabel bebas: Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam dan Budaya Religius Sekolah, variabel terikat: Karakter peserta didik. Sumber data dari responden dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, linieritas, regresi linier sederhana, dan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keteladaanan Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Rejotangan Tulungagung tergolong sangat baik terbukti memperoleh skor tingkat pertama terletak pada kelas interval 28-29 yakni sebesar 45,2 %. Sedangkan Budaya Religius Sekolah di SMP Negeri 1 Rejotangan Tulungagung tergolong baik terbukti memperoleh skor tingkat pertama terletak pada kelas interval 37-40 yakni sebesar 36,3 %. Dan Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 1 Rejotangan Tulungagung tergolong baik terbukti memperoleh skor tingkat pertama terletak pada kelas interval 82-88 yakni sebesar 22,9 %. (2) Ada pengaruh yang signifikan anatara keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam dengan karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Rejotangan Tulungagung. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya hasil penelitian yaitu nilai thitung = 3.332. Sementara itu, untuk t tabel dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai t table= 1.975. Perbandingan antara keduanya menghasilkan: thitung> ttabel (3.332 > 1.975). Nilai signifikansi t untuk variabel keteladanan guru Pendidikan Agama adalah 0,001 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0.05 (0,001 < 0,05). Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha pertama diterima dan Ho ditolak. (3) Ada pengaruh yang signifikan anatara budaya religius sekolah dengan karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Rejotangan Tulungagung. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya hasil penelitian yaitu nilai thitung = 7,442. Sementara itu, untuk t tabel dengan taraf signifikakansi 0,05, diperoleh nilai t tabel = 1,975. Perbandingan antara keduanya menghasilkan: t hitung> t tabel (7,442 > 1,975). Nilai signifikansi t untuk variabel pengawasan orang tua adalah 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0.05 (0,000 < 0,05). Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha kedua diterima dan Ho ditolak. (4) Ada pengaruh yang signifikan anatara keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam dan budaya religius sekolah dengan karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Rejotangan Tulungagung. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya hasil penelitian yaitu F hitung sebesar 45,303. Hal ini menunjukkan Fhitung (45,303) > Ftabel (3.05) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji serempak (uji F) diperoleh nilai 0,000, dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari pada probabilitas α yang ditetapkan (0,000 < 0,05). Jadi H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143116 DILLA YULIA MALWITA
Date Deposited: 18 Jul 2018 07:05
Last Modified: 18 Jul 2018 07:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7920

Actions (login required)

View Item View Item