PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III DI MI MUHAMMADIYAH 3 KRAS KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ARINA CHOIRUN NISA’, 1725143032 (2018) PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III DI MI MUHAMMADIYAH 3 KRAS KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (357kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (131kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)

Abstract

ABSTRAK ARINA CHOIRUN NISA’,NIM : 1725143032, 2018, ”Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III MI Muhammadiyah 3 Kras Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Tarbiah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Dibimbing oleh : Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag Kata Kunci : Pengaruh, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Seiring dengan kemajuan zaman yang maju dan moderen, pendidikan juga semakin maju untuk menciptakan proses pembelajaran terbaik. Namun dengan kemajuan pendidikan khususnya pada mata pelajaran matematika, kebanyakan dari peserta didik masih tidak menyukai pelajaran matematika yang dianggap sulit, dan rumit. Dengan pemikiran yang menganggap sulit dan rumit itulah yang membuat motivasi dan hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Dengan mengetahui metode demonstrasi, guru serta peserta didik dapat mengelola cara belajar yang efektif, yang akan menghasilkan proses pembelajaran yang maksimal. Penelitian ini berlatar belakang pada ketertarikan peneliti untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik MI Muhammadiyah 3 Kras Kabupaten Kediri dalam pelajaran matematika. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan penerapan metode demonstrasi, terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik MI Muhammadiyah 3 Kras Kabupaten Kediri dalam belajar matematika. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, serta menggunakan metode pengumpulan data berupa metode angket, tes, dokumentasi dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas III MI Muhammadiyah 3 Kras Kabupaten Kediri. Diperoleh kelas III A dan kelas III B sebagai kelas sampel dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 siswa. Berdasarkan hasil analisis data diketahui : (1) Adanya pengaruh yang signifikan metode demonstrasi terhadap motivasi belajar dengan hasil signifikan 0,083 ≥ 0,05 hal ini menunjukan adanya signifikan tinggi dalam hasil penelitian. (2) Adanya pengaruh yang signifikan antara metode demonstrasi terhadap hasil belajar dengan hasil signifikan 0,100 ≥ 0,05 hal ini menunjukkan adanya signifikan tinggi dalam hasil penelitian. (3) Adanya pengaruh yang signifikan antara metode demonstrasi terhadap motivasi dan hasil belajar dengan hasil signifikan 0,118 ≥ 0,05 hal ini menunjukkan adanya tingkat signifikan tinggi dalam hasil penelitian. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh metode demonstrasi terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas III MI Muhammadiyah 3 Kras Kabupaten Kediri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143032 ARINA CHOIRUN NISA’
Date Deposited: 28 Sep 2018 03:30
Last Modified: 28 Sep 2018 03:30
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/7889

Actions (login required)

View Item View Item