STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK SDI AL-HAKIM BOYOLANGU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

DWI MUNAWAROH, 1725143067 (2018) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK SDI AL-HAKIM BOYOLANGU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Strategi Guru Dalam Mnegembangkan kecerdasan Emosional Peserta didik di SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung “ ini ditulisoleh Dwi Munawaroh, NIM. 1725143067, pembimbing Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag Kata kunci : Strategi Guru, Kecerdasan Emosional Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh perkembangan zaman yang serba materi seperti saat ini Kecerdasan emosional merupakan kemampuan seperti kemampuan untuk memotivasi diri sendiri dan bertahan menghadapi frustasi, mengendalikan dorongan hati dan tidak melebih-lebihkan kesenangan, mengatur suasana hati berempati dan berdoa. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti tentang strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung. fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Formulasi guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik SDI Al-Hakim boyolangu tulungagung?, 2) Bagaimana Proses Pelaksanaan guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung?, 3) Bagaimana Evaluasi Guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi dan jenis penelitian deskriptif. Data deskriptif adalah data yang diperolah berupa kata-kata yang kemudian berusaha dideskripsikan dan di interprestasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti diantaranya yaitu: Pertama Formulasi guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung yaitu penerapan suasana religius, peningkatan kompetensi unggul peserta didik, membangun dan menanamkan nilai karakter peserta didik. Kedua Proses pelaksanaan guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung menciptakan kegiatan religius, Pembudayakan program 5S (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun),penelusuras dan pengembangan bakat minat. Ketiga Evaluasi guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung menggunakan evaluasi jangka pendek dan jangka panjang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143067 Dwi Munawaroh
Date Deposited: 26 Jul 2018 08:06
Last Modified: 26 Jul 2018 08:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7882

Actions (login required)

View Item View Item