UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MELALUI KEGIATAN RELIGIUS DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK

ULVATU ROHMANIYAH, 1721143403 (2018) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MELALUI KEGIATAN RELIGIUS DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (590kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (549kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (601kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ”Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Melalui Kegiatan Religius di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Ulvatu Rohmaniyah, NIM 1721143403, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh: Drs. Nurul Hidayat, M.Ag Kata Kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Emosional, Kegiatan Religius. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan emosional pada remaja yang mulai bergejolak dengan apa yang dialaminya, dalam kehidupannya, dan pada pergaulannya. Apabila perkembangan emosional remaja yang bergejolak tersebut tidak disertai dengan bekal agama yang tertanam pada dirinya, maka akibatnya akan berbahaya. Peran agama dalam perkembangan emosional remaja sangat penting, dengan begitu setiap perkembangan siswa harus disertai dengan perkembangan agama yang cukup. Dengan demikian emosi yang mencuat dalam diri siswa dapat terkendali dan terkontrol oleh aturan-aturan yang mengikat dirinya sendiri. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa melalui kegiatan membaca Al-Qur’an di SMK 1 Islam Durenan Trenggalek? (2) Bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa melalui kegiatan shalat dhuha di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana uapaya guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa melalui kegiatan membaca Al-Qur’an di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek.(2) Untuk mengetahui bagaimana upaya guru PAI dalm meningkatkan kecerdasan emosional siswa melalui kegiatan shalat dhuha di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis peneltian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data mengguanakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecean keabsahan data menggunakan triangulasi (Triangulasi sumber dan triangulasi teknik). Hasil penelitiannya yaitu (1) upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa melalui kegiatan Al-Qur’an yaitu dengan mendampingi siswa, mengingatkan dan menegur siswa yang tidak melaksanakan kegiatan Al-Qur’an, mengarahkan siswa untuk membaca artinya, memberikan hukuman bagi siswa yang membolos atau tidak melaksanakan tadarus pagi (2) upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa melalui kegiatan sholat dhuha yaitu dengan mendampingi siswa, memberikan ceramah setelah selesai sholat dhuha, mengingatkan siswa untuk selalu tertib melaksanakan sholat dhuha,serta memberikan hukuman bagi siswa yang membolos dalam pelaksanakan sholat dhuha.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143403 ULVATU ROHMANIYAH
Date Deposited: 18 Jul 2018 08:01
Last Modified: 18 Jul 2018 08:01
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/7815

Actions (login required)

View Item View Item