Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa di SDN 01 Tambakrejo Wonotirto Blitar

Khaikal, Khaikal (2014) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa di SDN 01 Tambakrejo Wonotirto Blitar. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
DAFTAR_RUJUKAN.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (804kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (135kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Upaya Guru dan Peningkatan Akhlak Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang masih melanggar tata tertib sekolah. Pada dasarnya semua guru di SDN 01 Tambakrejo sudah memberikan contoh yang baik kepada para siswa, namun masih banyak siswa yang melanggar peraturan yang ada di sekolah. Sebagai contoh, terdapat beberapa siswa yang merokok di lingkungan sekolah, saling mengejek antara siswa, dan kurang mengahargai guru dengan berkata kurang sopan terhadap guru. Fokus penelitian masalah dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Metode pembelajaran yang di gunakan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa di SDN 01 Tambakrejo (2) bagaimana pendekatan yang di gunakan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa di SDN 01 Tambakrejo. (3) Apa faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa di SDN 01 Tambakrejo. Tujuan dan manfaat penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui metode pembelajaran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan Akhlakul karimah siswa di SDN 01 Tambakrejo Wonotirto Blitar. (2) Untuk mengetahui pendekatan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan Akhlakul karimah siswa di SDN 01 Tambakrejo Wonotirto Blitar. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa di SDN 01 Tambakrejo Wonotirto Blitar. Adapun Skripsi ini bermanfaat Sebagai bahan masukan bagi guru untuk memperluas wawasan tentang pendidikan akhlakul karimah ke depan dan untuk menyadarkan kita seorang pendidikan akan mampu mewujudkan akhlak yang diembannya, seperti (berfikir global), dan mampu bertindak lokal, serta dilandasi oleh akhlak yang mulia (Akhlakul Karimah) manakala pendidikan itu dilakukan dengan konsep menejemen yang bagus. Metode penelitian dalam penulisan adalah menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan dengan mengunakan metode observasi, wawncara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti xiv menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa. 1), metode yang digunakan guru yaitu mengedepankan tentang pengajaran pendidikan agama terutama pelajaran pendidikan agama Islam jadi setiap pelajaran yang diajarkan itu diberi tambahan dengan nilai-nilai agama dan sebelum memulai peroses pembelajaran dimulai guru selalu memberikan wejangan-wejangan kepada siswanya. 2) pendekatan yang digunakan guru yaitu pendekatan secara invidual dan kelompok. (a) Guru dalam menentukan pendekatan berdasarkan dengan melihat situasi dan kondisi yang dihadapi oleh siswa. (b) Guru harus melakukan tingkah laku yang baik supaya dapat ditiru oleh murid-muridnya. (c) Pendekatan tilawah, yakni membacakan ayat-ayat Allah SWT. Baik Qur’aniyah maupun kauniyah sehingga berdampak kemampuan piker dan dzikir kepada Tuhan, dan lain-lainya. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa di SDN 01 Tambakrejo Wonotirto Blitar yaitu: adapun faktor pendukung yang dihadapi tersebut adalah adanya fasilitas yang mendukung, adanya program pondok ramadhan wajib sekolah yang mendukung peningkatan akhlakul karimah siswa. Adapun faktor penghambatnya adalah kurang adanya kesadaran anak didik dan juga faktor lingkungan sekolah siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 26 Jan 2015 03:30
Last Modified: 26 Jan 2015 03:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/781

Actions (login required)

View Item View Item