PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) SISWA KELAS X DI SMK ISLAM 1 DURENAN TAHUN AJARAN 2017/2018

NUR AZIZAH PERMATA SARI, 1724143191 (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) SISWA KELAS X DI SMK ISLAM 1 DURENAN TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (575kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (324kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (522kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (864kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (622kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (489kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (379kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (193kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Think Pair Share (TPS) Siswa Kelas X di SMK Islam 1 Durenan Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Nur Azizah Permatasari, NIM. 1724143191, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Think Pair Share, hasil belajar Beberapa fenomena yang muncul di era globalisasi dan pesatnya teknologi digital saat ini menimbulkan dampak yang luar biasa bagi para siswa. Tentunya setiap teknologi digital memiliki dampak positif dan dampak negatif, tergantung motivasi dan tujuan siswa dalam menggunakannya sebagai sumber belajar. Maka untuk mengarahkan agar hasil belajar siswa khususnya matematika meningkat perlu adanya strategi-strategi guna mewujudkan hasil belajar matematika yang diharapkan. Salah satu strategi yang digunakan adalah model pembelajaran CTL dan TPS dimana model pembelajaran CTL dan TPS ini dapat membantu siswa untuk aktif dalam melakukan proses pembelajaran karena model pembelajaran tersebut bisa mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa, dimana dalam proses belajar menggunakan diskusi kelompok dan diskusi berpasangan. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui apa perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran CTL dengan TPS pada siswa SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dan Think Pair Share (TPS) siswa kelas X di SMK Islam 1 Durenan tahun ajaran 2017/2018. Adapun pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen yang populasinya adalah kelas X SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampel dan sampel yang dipilih sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas X PMS sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X TKJ-2 sebagai kelas eksperimen 2 di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal tes, dan data dokumentasi. Soal tes tesebut digunakan untuk mengukur hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Hasil penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti adalah hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas X-PMS memiliki nilai rata-rata 81,33. Hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas X–TKJ2 memiliki nilai rata-rata 72,55. Uji hipotesis t-test, diperoleh thitung (3,429) > ttabel (1,667) (taraf 5%). ii Sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima dan dapat disimpulkan bahwa “Ada perbedaan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dan Think Pair Share (TPS) siswa kelas X di SMK Islam 1 Durenan tahun ajaran 2017/2018”.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143191 NUR AZIZAH PERMATA SARI
Date Deposited: 13 Jul 2018 04:05
Last Modified: 13 Jul 2018 04:05
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/7803

Actions (login required)

View Item View Item