PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN 3 TULUNGAGUNG MATERI LINGKARAN TAHUN AJARAN 2017/2018

ALIK HUSNA, 1724143019 (2018) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN 3 TULUNGAGUNG MATERI LINGKARAN TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (902kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (379kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (676kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (644kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (728kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (278kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (314kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dengan Model Discovery Learning Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI MAN 3 Tulungagung Materi Lingkaran Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Alik Husna, NIM. 1724143019, pembimbing Miswanto, M. Pd. Kata Kunci : Pendekatan Matematika Realistik, Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi belajar yang diciptakan guru serta anggapan bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit dan menakutkan bagi siswa. Hal ini tentunya akan berpengaruh buruk terhadap hasil dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, dalam pelaksanaan proses pembelajaran maka perlu diterapkan suatu sistem pembelajaran yang melibatkan peran siswa secara aktif, guna meningkatkan hasil dan motivasi belajar matematika siswa. Salah satu pendekatan pembelajaran yang melibatkan peran siswa secara aktif adalah pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model Discovery Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) adanya pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika, (2) adanya pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model Discovery Learning terhadap motivasi belajar matematika, dan (3) manakah pengaruh yang lebih besar antara pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model Discovery Learning terhadap hasil belajar atau terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas XI MAN 3 Tulungagung Materi Lingkaran Tahun Ajaran 2017/201 8. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Dengan populasi seluruh siswa kelas XI MAN 3 Tulungagung. Pada penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan metode tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai . 2) ada pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model Discovery Learning terhadap motivasi belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai . 3) pengaruh yang lebih besar adalah pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MAN 3 Tulungagung materi lingkaran tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan besar pengaruh terhadap hasil belajar dengan kriteria interpretasi nilai cohen’s 1,39 dengan persentase 91,9%. Sedangkan besar pengaruh terhadap motivasi belajar dengan nilai cohen’s sebesar 0,6 dengan persentase 73%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143019 ALIK HUSNA
Date Deposited: 06 Jun 2018 01:56
Last Modified: 06 Jun 2018 01:56
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/7802

Actions (login required)

View Item View Item