Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapankan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Siswa Kelas V MI Muhammadiyah Plus Bandung Tulungagung

Azis, Isfah Abidal (2014) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapankan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Siswa Kelas V MI Muhammadiyah Plus Bandung Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (121kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

KATA KUNCI: Peningkatan Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang masih kurang memahami konsep operasi perkalian pecahan khususnya Menghitung perkalian bilangan asli dengan pecahan biasa, perkalian pecahan biasa dengan pecahan campuran, perkalian pecahan campuran dengan pecahan campuran dan perkalian tiga pecahan berturut-turut. Oleh karena itu untuk meningkatkan pemahaman siswa peneliti menerapkan sebuah model pembelajaran berdasarkan masalah atau problem based instruction (PBI) dengan menerapkan lima tahap pembelajaran yaitu Mengorientasikan siswa kepada masalah, Mengorganisasi siswa untuk belajar, Membantu penyelidikan mandiri dan kelompok, Mengembangkan dan menyajikan hasil karya serta memamerkannya, dan Menganalisis serta mengevaluasi proses pemecahan masalah. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V MI Muhammadiyah Plus Bandung Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada mata pelajaran Matematika Materi perkalian pecahan pada soal cerita siswa kelas V MI Muhammadiyah Plus Bandung Tulungagung tahun ajaran 2013/2014 ? (2) Bagaimana Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika Materi perkalian pecahan pada soal cerita siswa kelas V MI Muhammadiyah Plus Bandung Tulungagung tahun ajaran 2013/2014 Dalam penelitian ini digunakan metode tes, wawancara, observasi dan catatan lapangan. Tes digunakan untuk mengetahui sejauh manakah siswa telah memahami bahan yang akan atau telah diajarkan, wawancara digunakan untuk mengetahui informasi dari siswa, observasi digunakan untuk mengamati aktivitas peneliti maupun siswa selama pembelajaran berlangsung, dan catatan lapangan digunakan untuk data pelengkap hal-hal yang tidak terekam dilembar observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian dengan tindakan yang dilakukan di kelas dengan melalui empat langkah dalam melakukannya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. xvii Hasil penelitian (1) Dengan menerapakan lima fase dalam pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) yaitu mengorientasikan siswa pada masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, membantu penyelidikan mandiri dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya serta memamerkannya, dan menganalisis, mengevalusasi proses pemecahan masalah, membuat pembelajaran pada materi operasi perkalian pecahan pada soal cerita siswa kelas V MI Muhammadiyah Plus Bandung Tulungagung lebih mudah dipahami dan menyenangkan. Dengan sistem penanaman konsep dan pembinaan ketrampilan yang digunakan peneliti (2) Setelah diadakan penelitian dengan melakukan dua siklus dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran problem based instruction (PBI) lebih dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi operasi perkalian pecahan, dimana pada akhir tindakan siklus I 69,23% siswa telah mencapai batas ketuntasan belajar dan meningkat menjadi 84% siswa pada akhir tindakan siklus II.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 26 Jan 2015 03:26
Last Modified: 26 Jan 2015 03:26
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/780

Actions (login required)

View Item View Item