KREATIFITAS GURU DALAM MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MAN 3 TULUNGAGUNG

TSALIS ASFIATUL UMMA, 1721143398 (2018) KREATIFITAS GURU DALAM MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (688kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (68kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreatifitas Guru dalam Menerapkan Metode Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran SKI di MAN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Tsalis Asfiatul Umma” , pembimbing Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci : Kreatifitas Guru, Metode Pembelajaran Penelitian ini dilatarbelakangi karena pentingnya kreatifitas dalam suatu pembelajaran agar siswa dapat memahami materi dengan baik, dan menurut peneliti sekolah MAN 3 Tulungagung sudah menerapkan metode yang bervariasi dan kreatif di bandingkan dengan sekolah yang lain oleh karena itu peneliti sebagai calon pendidik tertarik untuk meneliti dan ingin mengetahui bagaimana kreatifitas guru SKI di MAN 3 Tulungagung dalam penerapan metode pembelajaran, sehingga nantinya apabila peneliti menjadi seorang pendidik bisa mengetaahui seperti apa metode yang baik dan tepat untuk di terapkan kepada siswa-siswinya. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreatifitas guru dalam menerapkan metode brainstorming untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MAN 3 Tulungagung? (2) Bagaimana kreatifitas guru dalam menerapkan metode mind map untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MAN 3 Tulungagung? (3) Bagaimana kreatifitas guru dalam menerapkan metode jigsaw untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MAN 3 Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kreatifitas guru dalam menerapkan metode brainstorming untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MAN 3 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui kreatifitas guru dalam menerapkan metode mind map untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MAN 3 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui kreatifitas guru dalam menerapkan metode jigsaw untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MAN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kreativitas guru dalam menerapkan metode brainstorming yaitu dengan teknik individu dan kelompok, dengan humor, menggunakan media kertas. 2) kreativitas guru dalam menerapkan metode mind map yaitu digabungkan dengan teknik ceramah dan tanya teman sejawat ketika siswa mempresentasikan hasil mind map nya media kertas, Guru membagi kelompok dengan berbagai cara diantaranya dengan cara berhitung, bernyanyi, menyiapakan media kertas untuk siswa. 3) kreativitas guru dalam menerapkan metode jigsaw yaitu diselingi dengan bernyanyi atau melantunkan yel-yel, Guru untuk meningkatkan pemahaman siswa mengadakan pendekatan personal berkomunikasi dengan siswa dan memberi kebebasan kepada siswa untuk bertanya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143398 TSALIS ASFIATUL UMMA
Date Deposited: 08 Jun 2018 07:34
Last Modified: 08 Jun 2018 07:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7730

Actions (login required)

View Item View Item