STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMAN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2017

SUSI WIJAYANTI, 2811123217 (2018) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMAN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (417kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategiguru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMAN1 Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Susi Wijayanti, NIM. 2811123217, pembimbingAnisatul MufarokahS.Ag, M.Pd. Kata Kunci: Strategi, Guru, Pendidikan Agama Islam Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh Pendidikan agama Islam mempunyai peranan penting dalam meningkatkan sumberdaya manusia, untuk itu setiap manusia baik laki-laki maupun perempuan harus mendapat pendidikan, sebagai bekal kehidupan di dunia dan akhirat. Yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana strategi guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di dalam kelas di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung? 2) Bagaimana strategi guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di luar kelas di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung? 3) Apa saja faktor yang menghambat dan pendukung strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di dalam kelas di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di luar kelas di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung. 3) Untuk mendeskripsikan faktor yang menghambat dan pendukung guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini berdasarkan lokasi sumberdatanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif.Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Analisa data dilakukan mulai dari analisis sebelum di lapangan, analisis ketika di lapangan.Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, keajegan pengamatan, triangulasi, pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian adalah 1)Strategi Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Dalam Kelas di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung dilakukan dengan jalan: a) guru benar-benar mempersiapkan diri dengan menggunakan strategi pembelajaran agar materi yang disampaikannya berhasil dan tepat sesuai jadwal yang ada. b) pelaksanaan strategi guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di dalam kelas dilaksananakan dipersiapkan secara matang sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat, sehingga motivasi belajar siswa baik. 2) Strategi guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di luar kelas di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung, dilakukan dilakukan guru dengan mengelompakkan siswa, membagi tugas dan mengawasi pelaksanaannya selama kegiatan pembelajaran di luar kelas, sehingga tetap menyenangkan dan dapat mendorong motivasi belajar siswa. 3) Faktor penghambat dan faktor pendukung strategi guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung yaitu: a) Faktor yang menghambat strategi guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah latar belakang setiap siswa sangat mempengaruhi tingkat keseriusan siswa dalam proses pembelajaran dan kondisi siswa yang dalam kesehariannya selama di rumah. b) Faktor pendukung strategi guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah tersedianya sarana prasarana yang memadai, dengan perpustakaan yang sudah lumayan lengkap, sehingga mempermudah guru dan siswa dalam persiapan materi sebelum pembelajaran berlangsung dan adanya kerjasama yang bagus antara sesame guru, sehingga strategi pembelajaran dapat berjalan secara maksimal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123217 SUSI WIJAYANTI
Date Deposited: 09 Oct 2018 07:36
Last Modified: 09 Oct 2018 07:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7702

Actions (login required)

View Item View Item