PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN PADA TRANSPORTASI BERBASIS APLIKASI DIGITAL “OmJek” OJEK ONLINE TULUNGAGUNG DITINJAU DARI PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Melalui Pendekatan Analisis SWOT)

TIARA NENNY JELITASARI, 1742143275 (2018) PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN PADA TRANSPORTASI BERBASIS APLIKASI DIGITAL “OmJek” OJEK ONLINE TULUNGAGUNG DITINJAU DARI PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Melalui Pendekatan Analisis SWOT). [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (330kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (591kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (143kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (394kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (173kB)

Abstract

ABSTRAK Skripisi dengan judul “Penerapan Strategi Pemasaran Pada Transportasi Berbasis Aplikasi Digital “Om-Jek” Ojek Online Tulungagung Ditinjau Dari Perspektif Bisnis Islam (Studi Melalui Pendekatan Analisis SWOT)” ini ditulis oleh Tiara Nenny Jelitasari, NIM. 1742143275, skripsi jurusan Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh bapak Muhammad Aswad, S. Ag. M.A. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya transportasi berbasis aplikasi yang saat ini banyak digandrungi masyarakat bahkan sempat menghebohkan publik dengan berbagai pro-kontra yang ada. Transpportasi berbasis aplikasi ini juga hadir di Tulungagung dengan nama Om-Jek. Agar suatu kegiatan usaha tetap eksis, tentunya perusahaan membutuhkan suatu strategi pemasaran yang tepat. Strategi pemasaran itu sendiri merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan usaha. Oleh karena itu, penentuan strategi pemasaran harus didasarkan atas analisis lingkungan dan internal perusahaan melalui analisis keunggulan dan kelemahan perusahaan, serta analisis peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan dari lingkungannya. Analisis ini dikenal dengan sebutan analisis SWOT. Dalam penelitian ini, permasalahan yang dikaji antara lain ialah : (1)Strategi pemasaran apa yang sesuai untuk diterapkan pada transportasi berbasis aplikasi digital “Om-Jek” berdasarkan analisis SWOT?; (2) Bagaimana strategi pemasaran transportasi berbasis aplikasi digital “OmJek” berdasarkan analisis SWOT bila ditinjau dari perspektif bisnis Islam? Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Teknik analisis yang digunakan ialah menggunakan 3 perumusan strategis meliputi, tahap pengumpulan data, tahap analisis dan tahap pengambilan keputusan. Pada tahap pengumpulan data menggunakan Internal Stategic Analysis Summary (IFAS) Matrix dan External Strategic Analysis Summary (EFAS) Matrix. Tahap selanjutnya menggunakan matriks SWOT dan matiks InternalEksternal (IE). Selanjutnya pada tahap akhir yaitu tahap pengambilan keputusan menggunakan Quantitative Strategic Planing Matrix (QSPM). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa, (1) Strategi pemasaran yang sesuai untuk Om-Jek berdasarkan hasil analisis SWOT dari Matriks Internal dan Eksternal (IE) adalah strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. (2) Bila ditinjau dari perspektif bisnis Islam maka dalam menjalankan strategi pemasarannya Om-Jek harus berpegang teguh pada 4 sifat Nabi Muhammad SAW. antara lain ialah sifat shiddiq, amanah, fathanah, dan tabligh. Kata kunci : Strategi Pemasaran, Transportasi Berbasis Aplikasi Digital, Perspektif Bisnis Islam dan Analisis SWOT.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 1742143275 TIARA NENNY JELITASARI
Date Deposited: 26 Apr 2018 04:07
Last Modified: 26 Apr 2018 04:07
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/7700

Actions (login required)

View Item View Item