Tinjauan Hukum Islam Terhadap Dispensasi Menikah Dalam Masa Iddah (Studi Putusan Pengadilan Agama Tulungagung Nomor : 0054/Pdt.P/2013/PA.TA)

Rahmawati, Fyna Khairunnisa (2014) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Dispensasi Menikah Dalam Masa Iddah (Studi Putusan Pengadilan Agama Tulungagung Nomor : 0054/Pdt.P/2013/PA.TA). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (928kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (937kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci : hukum Islam, dispensasi menikah Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya kasus yang terjadi dalam kehidupan Masyarakat. Menikah dalam keadaan Masih dalam Masa Iddah jelas dilarang oleh Agama Isalam, dan Undang-undang No 1 tahun 1974 serta KHI. Tetapi kenyataannya masih saja terjadi penyimpangan sehingga perkara tersebut masuk di Pengadilan Agama Tulungagung dengan nomor Register 0054/Pdt.P/2013/PA.TA selanjutnya di proses dan akhirnya di putus oleh Majlis Hakim sesuai dengan tuntutan Pemohon. Rumusan Masalahnya adalah : 1) Bagaimana Hukum menikah disaat masih dalam masa iddah pada perkara nomor 0054/Pdt.P/2013/PA.TA? 2) Bagaimana bentuk pertimbangan hakim Pengadilan Agama Tulungagung terhadap kasus Dispensasi Masa Iddah pada perkara nomor 0054/Pdt.P/2013/PA.TA?. Tujuan penelitian : 1) Untuk mengetahui dan menganalisis Bagaimana Hukum menikah disaat masih dalam masa iddah. 2) Untuk mengetahui bagaimana bentuk pertimbangan Hakim Pengadilan Agama Tulungagung dalam menyelesaikan perkara Dispensasi Mas Iddah. Metode penelitian : jenis penelitian : Kualitatif. Lokasi penelitian : di Pengadilan Aagama Tulungagung dan Kantor Urusan Agama (KUA). Kehadiran Peneliti : datang sendiri selama kurang lebih 1 bulan. Sumber datanya : Primer dan Skunder. Prosedur pengumpulan datanya : observasi, wawancara, dan dokumentasi. teknik analisis data : reduksi data dan induksi. Pengecekan keabsahan temuan memakai perpanjangan pengamatan, trianggulasi, dan diskusi. Tahap-tahap penelitian : persiapan, pelaksanaan, analisa data, laporan. Hasil penelitian : 1) KUA menolak pengajuan pernikahan karena menurut agama islam, UU dan KHI menikah dalam masa iddah itu tidak diperbolehkan, dan bahkan haram hukumnya. 2) pertimbangan Majis Hakim dalam memutuskan perkara ini adalah tahap pembuktian berupa alat bukti surat Penolakkan dari Kantor Urusan Agama Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung dan dua orang saksi yang telah di sumpah. Dan di perbolehkan menikah karena dalam kasus ini masa idah wanita sudah habis, dan yang menghamili pemohon adalah xiv calon suaminya sendiri. berdasarkan ketentuan pasal 53 KHI dapat di benarkan tanpa harus menunggu kelahiran anaknya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 26 Jan 2015 02:44
Last Modified: 26 Jan 2015 02:44
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/768

Actions (login required)

View Item View Item