PENGARUH PENDAPATAN, BRAND PRODUK, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM MENGKONSUMSI MAKANAN DAN MINUMAN HALAL DI TULUNGAGUNG

NURFIKA ZAHRO’I, 1742143212 (2018) PENGARUH PENDAPATAN, BRAND PRODUK, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM MENGKONSUMSI MAKANAN DAN MINUMAN HALAL DI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (437kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (227kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (481kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh pendapatan, brand produk, dan religiusitas terhadap perilaku konsumen dalam mengkonsumsi makanan dan minuman halal di Tulungagung” ini ditulis oleh Nurfika Zahro’i, (NIM) 1742143212, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Tulungagung dengan pembimbing Muhammad Aswad, M.A. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya konsumsi halal. Di Tulunggaung sudah banyak sekali produk-produk yang beredar dipasaran, baik dari segi brand (merek) produk lokal maupun produk luar. Dari sekian banyak produk tersebut belum tentu semuanya produk halal. Selain itu mengkonsumsi makanan dan minuman halal belum tentu searah dengan banyaknya penduduk yang memeluk agama Islam. Artinya belum tentu seseorang yang beragama Islam akan selalu berperilaku islami, khususnya dalam mengkonsumsi makanan halal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan, brand produk, religiusitas terhadap perilaku konsumen dalam mengkonsumsi makanan dan minuman halal di Tulungagung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data primer. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket atau kuesioner dan metode dokumentasi. Pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik cluster random sampling. Pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala Likert. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pendapatan berpengaruh secara negatif dan tidak signifikan menurut statistik terhadap perilaku konsumen dalam mengkonsumsi makanan dan minuman halal di Tulungagung, terbukti dengan pengujian yang dilakukan dengan nilai thitung sebesar -1,473 lebih kecil dari ttabel sebesar 1,660. Kemudian brand produk berpengaruh secara positif dan signifikan menurut statistik terhadap perilaku konsumen dalam mengkonsumsi makanan dan minuman halal di Tulungagung, terbukti dengan pengujian yang dilakukan dengan nilai thitung sebesar 2,893 lebih besar dari ttabel sebesar 1,660. Dan religiusitas berpengaruh secara positif dan signifikan menurut statistik terhadap perilaku konsumen dalam mengkonsumsi makanan dan minuman halal di Tulungagung, terbukti dengan pengujian yang dilakukan dengan nilai thitung sebesar 1,871 lebih besar dari ttabel sebesar 1,660. Sedangkan secara simultan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara simultan dan signifikan antara pendapatan, brand produk, dan religiusitas terhadap perilaku konsumen dalam mengkonsumsi makanan dan minuman halal di Tulungagung. Kata Kunci: pendapatan, brand produk, religiusitas, dan perilaku konsumen

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 1742143212 NURFIKA ZAHRO’I
Date Deposited: 24 Apr 2018 03:47
Last Modified: 24 Apr 2018 03:47
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/7648

Actions (login required)

View Item View Item