PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 2 TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2017/2018

AVIVA USWANATUL ULA, 1721143077 (2018) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 2 TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (724kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (398kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (308kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 2 Trenggalek Tahun Ajaran 2017/2018”, ini ditulis oleh Aviva Uswanatul Ula, NIM. 1721143077. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Lukluk Nur Mufidah, M.Pd.I, NIP.19790319 200312 2 002. Kata kunci : Kompetensi Pedagogik, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pengelolaan pembelajaran seorang guru atau biasa disebut dengan kompetensi pegagogik yang harus dimiliki oleh semua guru dalam menjalankan tugasnya agar proses belajar mengajar dapat dilaksanakan secara efektif, efisien dan bahkan juga pelaksanaannya dapat dilakukan secara kondusif sehingga mempunyai hasil yang diharapkan. Seorang guru sangat berpengaruh pada terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek yang meliputi pemahaman peserta didik, perancangan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran di SMAN 2 Trenggalek. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian yang dipakai adalah expost facto. Populasi : Seluruh siswa kelas XI pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 189 siswa yang ada di SMAN 2 Trenggalek. Sampel berjumlah 47 siswa dengan tehnik pengambilan sampel yaitu stratified random sampling. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data : analisis deskriptif, uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, linieritas, regresi linier sederhana dan regresi berganda dengan bantuan SPSS for Windows 23.0. Hasil penelitian yaitu, (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi pedagogik guru tentang pemahaman peserta didik terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikansi t untuk variabel kompetensi pedagogik guru tentang pemahaman peserta didik adalah 0,042 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,042 < 0,05) dan nilai thitung = 2,091 > ttabel = 2,014 berarti H0 ditolak. (2) Ada pengaruh yang negatif signifikan kompetensi pedagogik guru tentang perencanaan pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikansi t untuk variabel kompetensi pedagogik guru tentang perencanaan pembelajaran adalah 0,015 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,015 < 0,05) dan nilai thitung = -2,257 < ttabel = 2,014 berarti H0 ditolak. (3) Ada pengaruh yang negatif signifikan kompetensi pedagogik guru tentang evaluasi pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikansi t untuk variabel kompetensi pedagogik guru tentang evaluasi pembelajaran adalah 0,006 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,006 < 0,05) dan nilai thitung = -2,881 < ttabel = 2,014 berarti H0 ditolak. (4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikansi t untuk variabel kompetensi pedagogik guru adalah 0,026 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,026 < 0,05) dan nilai Fhitung = 5,309 > Ftabel = 2,82 berarti H0 ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143077 AVIVA USWANATUL ULA
Date Deposited: 23 Apr 2018 06:46
Last Modified: 23 Apr 2018 06:46
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/7613

Actions (login required)

View Item View Item