STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN KUANTITAS KLIEN PRODUK MITRA IQRA’ PLUS PADA PT ASURANSI JIWA SYARIAH BUMIPUTERA 1912 KANTOR UNIT OPERASIONAL TULUNGAGUNG

ANDRI CHRISTIAN, 1742143028 (2018) STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN KUANTITAS KLIEN PRODUK MITRA IQRA’ PLUS PADA PT ASURANSI JIWA SYARIAH BUMIPUTERA 1912 KANTOR UNIT OPERASIONAL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (972kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (846kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (733kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Andri Christian NIM: 1742143028 Tahun 2018, Strategi Promosi dalam Meningkatkan Kuantitas Klien Produk Mitra Iqra’ Plus pada PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera 1912 Kantor Unit Operasional Tulungagung, Sripsi, IAIN Tulungagung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Jurusan Ekonomi Syariah. Pembimbing: Dr. H. Ahmad Muhtadi Anshor, M.Ag. Penelitian ini dilatar belakangi karena perkembangan jumlah nasabah atau klien dari produk Mitra Iqra’ Plus pada PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera 1912 Kantor Unit Operasional Tulungagung yang dalam lima tahun terakhir yaitu pada tahun 2011 hingga 2015 rata-rata mengalami penurunan. Hal ini berbanding terbalik dengan mayoritas penduduk Tulungagung yang mayoritas beragama muslim. Penurunan kuantitas klien produk Mitra Iqra’ Plus ini tentu disebabkan oleh berbagai factor, baik factor internal maupun eksternal perushaan asuransi seperti dikarenakan masih kurangnya efektif dan maksimalnya sosialisasi dan promosi produk yang dilakukan oleh pihak perusahaan. Adanya sosialisasi dan promosi produk yang tepat diharapkan masyarakat dapat mengetahui seluk beluk mengenai produk Mitra Iqra’ Plus yang berbasis syariah sehingaa akan terjadi peningkatan jumlah pemegang polis asuransi tersebut. Rumusan masalah dalam peneliti ini adalah 1) Strategi promosi dalam meningkatkan kuantitas klien Produk Mitra Iqra’ Plus pada PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera 1912 Kantor Unit Operasional Tulungagung, 2) Kendala yang dihadapi dalam mempromosikan Produk Mitra Iqra’ Plus di PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera 1912 Kantor Unit Operasional Tulungagung 3) Solusi yang dilakukan PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera 1912 Kantor Unit Operasional Tulungagung dalam mengatasi kendala tersebut. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi promosi dalam meningkatkan kuantitas klien Produk Mitra Iqra’ Plus pada PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera 1912 Kantor Unit Operasional Tulungagung 2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam mempromosikan Produk Mitra Iqra’ Plus di PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera 1912 Kantor Unit Operasional Tulungagung 3) Untuk mengetahui solusi yang dilakukan PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera 1912 Kantor Unit Operasional Tulungagung dalam mengatasi kendala. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yaitu menggambarkan secara objektif terhadap masalah-masalah penelitian. Proses pengeu,pulan data dengan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan masing-masing masalah, menganalisisnya kemudian menyajikannya dalam bentuk laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Strategi promosi yang digunakan dalam meningkatkan kuantitas klien Produk Mitra Iqra’ Plus pada PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera 1912 Kantor Unit Operasional Tulungagung adalah menggunakan Periklanan (Adverstising), Promosi Penjualan (Sales Promotion), Publisitas (Publicity) dan Penjualan Pribadi (Personal Selling). 2) Kendala-kedala viii yang dihadapi oleh PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera 1912 Kantor Unit Operasional Tulungagung adalah agen masih takut, kurang percaaya diri, minder untuk melakukan promosi produk Mitra Iqra’ Plus, masih terbatasnya tenaga marketer atau agen, minimnya jumlah karyawan dan agen yang aktif dalam strukutur perusahaan, kurangnya minat dari calon klien, adanya persaingan dari perusahaan asuransi lain. 3) Solusi yang telah dilakukan perusahaan untuk menghadapi kendala dalam mempromosikan produk Mitra Iqra’ Plus tersebut adalah agen harus punya mimpi dan obsewsi maju, membuka rekrutmen calon agen baru dengan selektif, pelatihan bagi karyawan baru, mengadakan meeting evaluasi dengan semua karyawan di PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera 1912 Kantor Unit Operasional Tulungagung satu ada dua kali dalam sebulan, selektif dalam memilih calon klien untuk menghindari gagal bayar, dan terus belajar dan melakukan presentasi untuk dapat bersaing dengan perusahaan lain yang menawarkan produk sejenis Mitra Iqra’ Plus. Kata Kunci: Strategi Promosi, Perilaku Konsumen, Produk Mitra Iqra’ Plus

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 1742143028 ANDRI CHRISTIAN
Date Deposited: 24 Apr 2018 04:32
Last Modified: 24 Apr 2018 04:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7481

Actions (login required)

View Item View Item