Analisis Kemampuan Proses Kognitif dalam Belajar Aljabar Siswa Kelas VIII SMP Terpadu Al Anwar Baruharjo Durenan Trenggalek

Efendi, Mahmud (2012) Analisis Kemampuan Proses Kognitif dalam Belajar Aljabar Siswa Kelas VIII SMP Terpadu Al Anwar Baruharjo Durenan Trenggalek. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (133kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (147kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.docx

Download (21kB)
[img] Text
8 Daftar tabel, Gambar, Lampiran, Abstrak.docx

Download (20kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kalimat Kunci: Analisis Kemampuan Proses Kognitif dalam Belajar, Materi Aljabar SMP. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta bahwa kemampuan proses kognitif dalam belajar merupakan hal urgen yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Dalam hal ini peneliti berusaha untuk menganalisis tingkat kemampuan proses kognitif dalam belajar aljabar siswa kelas VIII SMP berdasarkan taksonomi Bloom yang direvisi. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimanakah tingkat kemampuan proses kognitif dalam belajar Aljabar siswa kelas VIII pada kategori mengingat? (2) Bagaimanakah tingkat kemampuan proses kognitif dalam belajar Aljabar siswa kelas VIII pada kategori memahami? (3) Bagaimanakah tingkat kemampuan proses kognitif dalam belajar Aljabar siswa kelas VIII pada kategori mengaplikasikan? (4) Bagaimanakah tingkat kemampuan proses kognitif dalam belajar Aljabar siswa kelas VIII pada kategori menganalisis? Tujuan penelitian (1) Untuk mengetahui tingkat kemampuan proses kognitif dalam belajar aljabar siswa kelas VIII pada kategori mengingat. (2) Untuk mengetahui tingkat kemampuan proses kognitif dalam belajar aljabar siswa kelas VIII pada kategori memahami. (3) Untuk mengetahui tingkat kemampuan proses kognitif dalam belajar aljabar siswa kelas VIII pada kategori mengaplikasikan. (4) Untuk mengetahui tingkat kemampuan proses kognitif dalam belajar aljabar siswa kelas VIII pada kategori menganalisis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitif. Sumber data dalam penenelitian deskriptif kuantitatif ini adalah siswa kelas VIII SMP Terpadu Al Anwar Baruharjo Durenan Trenggalek sebagai sumber primer, sedangkan sumber skundernya adalah dokumen hasil tes kemampuan proses kognitif dalam belajar aljabar siswa kelas VIII SMP. Metode pengumpulan data (1) Wawancara, (2) Tes, (3) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif induktif, sedangkan untuk data tes menggunakan rumus penilaian dengan persentase. Hasil penelitian tingkat kemampuan proses kognitif dalam belajar aljabar siswa kelas VIII SMP pada kategori memahami berkriteria cukup baik, yaitu sebesar 75, 52%; tingkat kemampuan proses kognitif dalam belajar aljabar siswa kelas VIII SMP pada kategori memahami berkriteria kurang baik, yaitu sebesar 48,96%; tingkat kemampuan proses kognitif dalam belajar aljabar siswa kelas VIII pada kategori mengaplikasikan berkriteria sangat kurang baik, yaitu sebesar 34,90%; tingkat kemampuan proses kognitif dalam belajar aljabar siswa kelas VIII SMP pada kategori menganalisis berkriteria tidak baik, yaitu sebesar 3,13%. Prosentase tingkat kemampuan proses kognitif dalam belajar aljabar siswa kelas VIII SMP yang tertinggi ada pada kategori memahami; Prosentase tingkat kemampuan proses kognitif dalam belajar aljabar siswa kelas VIII SMP yang terrendah ada pada kategori menganalisis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 08 Jan 2015 08:44
Last Modified: 08 Jan 2015 08:44
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/743

Actions (login required)

View Item View Item