PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII I PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK Di MTsN BLITAR

UTAMI ASIH, 2811133269 (2018) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII I PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK Di MTsN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ”Penggunaan Media Pembelajaran power point dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII I pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN Blitar” ini ditulis oleh Utami Asih, NIM. 2811133269, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Dr. Hj. Binti Maunah, M. Pd. I. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Power Point, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kurangnya minat dan motivasi belajar siswa dikarenakan dalam menyampaikan materi guru jarang menggunakan media pembelajaran utamanya power point sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa, meskipun pada setiap kelas sudah terdapat LCD yang lengkap dan bisa digunakan. Dari permasalaahn tersebut para guru khususnya guru aqidah akhlak memiliki tugas untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang salah satunya melalui penggunaan media pembelajaran power point. Dalam hai ini penulis membahas terkait dengan penggunaan media pembelajaran power point dalam meningkatkan hasil belajar di MTsN Blitar. Konteks penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana upaya persiapan penggunaan media pembelajaran power point dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII I pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTsN Blitar? (2) Bagaimana pelaksanaan penggunaan media pembelajaran power point dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII I pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTsN Blitar? (3) Bagaimana hasil pelaksanaan penggunaan media pembelajaran power point dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII I pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTsN Blitar? Adapun yang menjadi fokus penelitian dalam hal ini adalah (1) mengetahui upaya persiapan penggunaan media pembelajaran power point dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII I pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTsN Blitar (2) mengethui pelaksanaan penggunaan media pembelajaran power point dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII I pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTsN Blitar (3) mengetahui hasil pelaksanaan penggunaan media pembelajaran power point dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII I pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTsN Blitar. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunkaan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dan gambaran data- data yang sebenarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran power point dapat meningkatkan hasil belajar. Hal- hal yang harus diperhatikan guru dalam persiapan penggunaan media pembelajaran power point adalah guru harus menguasai materi pembelajaran, metode mengajar, media pembelajaran dan evaluasi. Dalam pelaksanaan penggunaan media pembelajaran power point guru harus memperhatikan hal- hail sebagai berikut yaitu guru harus kreatif dalam pengelolaan kelas, mengenali kelebihan dan kelemahan siswa, berpusat pada siswa dan melibatkan siswa aktif. Adapun hasil dari pelaksanaan penggunaan media pembelajaran power point faktor- faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah kesipaan guru dalam memahami materi, media, penyampaian materi yang bisa diterima siswa, minat siswa dalam belajar dan suasana yang kondusif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133269 UTAMI ASIH
Date Deposited: 09 Apr 2018 02:58
Last Modified: 09 Apr 2018 02:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7418

Actions (login required)

View Item View Item