STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK SIMPANAN DI KSPPS BMT PETA( KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH BMT PEREKONOMIAN TASYRIKAH AGUNG) TULUNGAGUNG

DIYAH PURWATI, 1741143083 (2018) STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK SIMPANAN DI KSPPS BMT PETA( KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH BMT PEREKONOMIAN TASYRIKAH AGUNG) TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pengembangan Produk Simpanan di KSPPS BMT PETA (Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah BMT Perekonomian Tasyrikah Agung) Tulungagung” yang ditulis oleh Diyah Purwati Nim 1711143083 di bimbing oleh Bapak Dr. H. Dede Nurohman, M.Ag. Penelitian ini di latarbelakangi, bahwa KSPPS BMT PETA Tulungagung berhasil dalam mengembang produk simpanan Tabaruk, Taburi, Tadabur, Tafakur, dan Tahajud, karena KSPPS BMT PETA mampu menarik minat masayarakat untuk menyimpan dananya. Keberhasilan ini dapat diukur dari perolehan nasabah dan data keuangan yang selalu meningkat disetiap tahunnya. Produk simpanan menggunakan prinsip wadi’ah dengan akad wadi’ah yad dhammanah. Strategi pengembangan produk simpanan yang dilakukan melalui mengembangkan produk yang sudah ada, memantau perkembangan pesaing, dan promosi dengan tujuan untuk meningkatkan kepuasan nasabah. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Apa alasan KSPPS BMT PETA membuat produk simpanan ? (2) Bagaimana aplikasi mekanisme produk simpanan di KSPPS BMT PETA ? (3) Bagaimana strategi pengembangan produk simpanan di KSPPS BMT PETA ? (4) Apa saja kendala-kendala yang dihadapi dalam pengembangan produk simpanan di KSPPS BMT PETA ? (5) Bagaimana solusi yang dilakukan dalam menghadapi kendala-kendala pengembangan produk simpanan ?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data adalah melalui observasi, wawancara mendalam, serta dokumen-dokumen lain. Hasil dari penelitian ini adalah produk simpanan merupakan identitas ke khasan BMT, istilah produk simpanan sebagai sarana mempermudah masyarakat mengenal nama produk, istilah produk simpanan merupakan singkatan, pembuatan nama produk simpanan disemangati tasawuf, dan menyediakan sarana bagi masyarakat dalam menyimpan dana.Aplikasi mekanisme produk simpanan yaitu mekanisme pembukaan rekening, setoran simpanan, penarikan simpanan, dan penutupan rekening. Strategi pengembangan produk simpanan melalui strategi pemasaran seperti promosi, mengembangan produk yang sudah ada, memantau perkembangan pesaing, dan jemput bola. Kendala-kendala yang dihadapi yaitu kendala internal seperti karyawan BMT terbatas, dan kendala eksternal yaitu banyaknya pesaing, dan promosi dari pesaing lebih menarik. Solusi untuk menghadapi kendala tersebut dengan adanya sosialisasi dan mengeluarkan promosi yang lebih menarik. Kata Kunci: Strategi, Pengembangan Produk Simpanan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 1741143083 DIYAH PURWATI
Date Deposited: 05 Apr 2018 06:17
Last Modified: 05 Apr 2018 06:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7410

Actions (login required)

View Item View Item