Pengaruh Kemiskinan Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung

Fitriani, Ratna Lely (2012) Pengaruh Kemiskinan Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
ABSTRAK.rtf

Download (81kB)
[img] Text
BAB I Kemiskinan.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB II Kemiskinan.docx

Download (119kB)
[img] Text
BAB IV Kemiskinan.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB III Kemiskinan.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB V Kemiskinan.docx

Download (19kB)
[img] Text
COVER.docx

Download (121kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.docx

Download (27kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Kemiskinan, Prestasi Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa kemiskinan yang terjadi pada keluarga dapat mempengaruhi kehidupan keluarga tersebut, lebih-lebih pada keluarga yang mempunyai anak dalam masa pendidikan. Kemiskinan yang dialami keluarga siswa tersebut dapat mempengaruhi kegiatan belajarnya. Hal ini terjadi karena anak yang dalam masa belajar membutuhkan sarana dan prasarana yang mencukupi untuk mendukung belajarnya, apabila keluarga mengalami kemiskinan, maka hal itu akan menghambat proses belajarnya karena sarana dan prasarana yang dimiliki oleh siswa serba kurang yang pada akhirnya juga akan berpengaruh terhadap prestasi belajarnya. Melihat hal itu, peneliti tertarik untuk mengkajinya lebih jauh tentang pengaruh kemiskinan terhadap prestasi belajar yang peneliti khususkan pada mata pelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana deskripsi pengaruh kemiskinan terhadap prestasi belajar matematika materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII di MTs Sultan Agung Jabalsari, Sumbergempol, Tulungagung tahun ajaran 2011/2012? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pengaruh kemiskinan terhadap prestasi belajar matematika materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII di MTs Sultan Agung Jabalsari, Sumbergempol, Tulungagung tahun ajaran 2011/2012. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari mulai dari kelas VII sampai kelas IX yang semuanya berjumlah 134 siswa. Dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu cara pengambilan sampel yang dilakukan berdasarkan tujuan dan pertimbangan langsung dari peneliti yakni siswa kelas VIII di MTs Sultan Agung Jabalsari yang semuanya berjumlah 34 siswa. Sedangkan metode dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam peneltian ini adalah analisis data kuantitatif yang diambil dari nilai hasil angket yang sudah diskor yang kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus Chi Square. Hasil penelitian setelah diadakan analisis adalah (1) tidak ada pengaruh yang signifikan antara kemiskinan terhadap prestasi belajar matematika materi bangun ruang sisi datar di MTs Sultan Agung Jabalsari, Sumbergempol, Tulungagung tahun ajaran 2011/2012. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Chi Square ( 2) = 4,116 dengan nilai db = 4 yang nilainya lebih kecil dari pada nilai teoritiknya sebesar 9,488 pada taraf signifikansi 5% sehingga Ha yang berbunyi "Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kemiskinan terhadap prestasi belajar matematika materi bangun ruang sisi datar di MTs Sultan Agung Jabalsari, Sumbergempol, Tulungagung tahun ajaran 2011/2012. ditolak dan H0 diterima. (2) Kemiskinan yang terjadi pada keluarga siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari, Sumbergempol, Tulungagung menunjukkan tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa tersebut, khususnya pada mata pelajaran matematika. Kemiskinan yang terjadi pada keluarga siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari, Sumbergempol, Tulungagung tergolong sedang, yaitu sebanyak 24 siswa atau 70%, sedangkan prestasi belajarnya tergolong sedang, yaitu sebanyak 14 siswa atau 41%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 08 Jan 2015 08:38
Last Modified: 08 Jan 2015 08:38
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/741

Actions (login required)

View Item View Item