PENERAPAN MODEL COOPERATIF LEARNING TIPE CARD SHORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS V MI AL AZHAR BANDUNG TULUNGAGUNG

QORI’ATUL A’YUNI, 2817133147 (2018) PENERAPAN MODEL COOPERATIF LEARNING TIPE CARD SHORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS V MI AL AZHAR BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (252kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Cooperatif Learning Tipe Card Short Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur‟an Hadits Peserta Didik Kelas V MI Al Azhar Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Qori‟atul A‟yuni, NIM. 2817133147 Jurusan PGMI, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Muhamad Zaini, M.A Kata Kunci: Cooperatif Learning, Hasil Belajar. Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik kelas V MI Al Azhar Bandung Tulungagung dalam pembelajaran Al-Qur‟an Hadits yang belum optimal, hal ini ditandai dari banyaknya peserta didik yang mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu 76. Penyebabnya yaitu guru masih menggunakan metode ceramah sehingga peserta didik kurang memahami materi dan hasil belajar rendah. Peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan model cooperatif learning tipe card short dalam proses pembelajaran dengan tujuan meningkatkan kerjasama, partisipasi, dan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah, (1) Bagaimana peningkatan kerjasama peserta didik melalui penerapan model cooperatif learning tipe card short pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits materi Q.S Al-„Alaq Kelas V MI Al Azhar Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana peningkatan partisipasi peserta didik melalui penerapan model cooperatif learning tipe card short pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits materi Q.S Al-„Alaq Kelas V MI Al Azhar Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model cooperatif learning tipe card short pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits materi Q.S Al-„Alaq Kelas V MI Al Azhar Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017? Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk memaparkan Peningkatan kerjasama peserta didik melalui penerapan model cooperatif learning tipe card short pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits materi Q.S Al-„Alaq Kelas V MI Al Azhar Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017. (2) Untuk memaparkan Peningkatan partisipasi peserta didik melalui penerapan model cooperatif learning tipe card short pada mata pelajaran AlQur‟an Hadits materi Q.S Al-„Alaq Kelas V MI Al Azhar Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017. (3) Untuk memaparkan Peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model cooperatif learning tipe card short pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits materi Q.S Al-„Alaq Kelas V MI Al Azhar Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas V pada MI Al Azhar Bandung Tulungagung dengan jumlah 18 peserta didik. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini xix yaitu apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adanya peningkatan kerjasama peserta didik dari siklus I yaitu 39,58% dengan kriteria sangat kurang menjadi 81,48% pada siklus II dengan kriteria baik. (2) Hasil dari observasi partisipasi peserta didik juga menunjukkan peningkatan, pada siklus I yaitu 42,89% dengan kriteria sangat kurang menjadi 85,06% pada siklus II dengan kriteria baik. (3) hasil belajar pada pre test dengan rata-rata 55,56 (11%) menjadi 86,06 (83%) pada siklus I, dan mengalami peningkatan kembali pada siklus II, dengan rata-rata 86,11 (89%).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133147 QORI’ATUL A’YUNI
Date Deposited: 02 Apr 2018 07:28
Last Modified: 02 Apr 2018 07:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7380

Actions (login required)

View Item View Item