PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEAGAMAAN PESERTA DIDIK MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

MUFLIHAH NGINAYATI, 281 7133113 (2018) PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEAGAMAAN PESERTA DIDIK MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (543kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (499kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (195kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan scientific terhadap prestasi belajar keagamaan peserta didik kelas IV MI Podorejo Sumbergempol” ditulis oleh Muflihah Nginayati dibimbing Dr. Chusnul Chotimah M. Ag Kata Kunci: Pendekatan scientific, Prestasi Belajar Keagamaan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik. Pada era pendidikan sekarang ada beberapa peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, kurang fahamnya peserta didik ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung, beberapa peserta didik berbicara sendiri ketika dijelaskan guru. Sehingga terkadang prestasi belajar peserta didik menurun. Namun, hendaknya dalam pembelajaran hendaknya guru mampu menyampaikan materi dengan cara berbeda, baik dengan menggunakan metode, strategi maupun Pendekatan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1) adakah pengaruh Pendekatan scientific terhadap prestasi belajar aqidah akhlak peserta didik kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? 2) adakah pengaruh Pendekatan scientific terhadap prestasi belajar fikih peserta didik kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? 3) adakah pengaruh Pendekatan scientific terhadap prestasi belajar al-qur’an hadis peserta didik kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh Pendekatan scientific terhadap prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak peserta didik kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. 2)Untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh Pendekatan scientific terhadap prestasi belajar mata pelajaran fikih peserta didik kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. 3)Untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh Pendekatan scientific terhadap prestasi belajar mata pelajaran AlQur’an Hadits peserta didik kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih, terdapat variabel independen (variabel yang mempengaruhi) dan variabel dependen (variabel yang dipengaruhi). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 281 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah Purposive. Dalam penelitian ini peneliti mengambil kelas IV A sebanyak 20 dan IV B sebanyak 27 peserta didik. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Podorejo Sumbergempol tahun ajaran 2016/2017 dan dokumen tes hasil ujian semester genap. Metode pengumpulan data (1) Observasi, (2) Dokumentasi, (3) Angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah untuk uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan koefisien xvi korelasi dengan statistik uji t, analisis regresi dengan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh 1) Terdapat pengaruh Pendekatan scientific signifikan terhadap prestasi belajar aqidah akhlak Dibuktikan dengan hasil uji t bahwa tingkat signifikasi thitung adalah 0,000 < 0,05 dan nilai thitung = 18.864 lebih besar dari ttabel = 8.149 dengan taraf nyata 5% 2) Terdapat pengaruh Pendekatan scientific signifikan terhadap prestasi belajar fikih Dibuktikan dengan hasil uji t bahwa tingkat signifikasi thitung adalah 0,000 < 0,05 nilai thitung = 9,168 lebih besar dari ttabel = 4,601 dengan taraf nyata 5%. adanya pengaruh Pendekatan scientific signifikan terhadap prestasi belajar fikih. 3) Terdapat adanya pengaruh Pendekatan scientific signifikan terhadap prestasi belajar al-qur’an hadis Dibuktikan dengan hasil uji t bahwa tingkat signifikasi thitung adalah 0,000 < 0,05 nilai thitung = 10,112 lebih besar dari ttabel = 4,257 dengan taraf nyata 5%adanya pengaruh Pendekatan scientific signifikan terhadap prestasi belajar al-qur’an hadis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: MUFLIHAH NGINAYATI 281 7133113
Date Deposited: 23 Mar 2018 08:09
Last Modified: 23 Mar 2018 08:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7359

Actions (login required)

View Item View Item