MANAJEMEN STRATEGIS KEMITRAAN WARALABA SEKTOR KULINER PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus CV. Pentol Planet KabupatenTrenggalek)

KHUSNUL NUR HABIBAH, 1742143140 (2018) MANAJEMEN STRATEGIS KEMITRAAN WARALABA SEKTOR KULINER PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus CV. Pentol Planet KabupatenTrenggalek). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (810kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (628kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (99kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Strategis Kemitraan Waralaba Sektor Kuliner Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus CV. Pentol Planet Kabupaten Trenggalek)” ditulis Khusnul Nur Habibah, NIM 1742143140, pembimbing Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi para pengusaha yang bermaksud mengembangkan usahanya secara Internasional dapat melakukan berberapa cara dari yang paling sederhana hingga yang paling kompleks, salah satunya melakukan franchising (pemberi waralaba). Adapun dalam mejalankan bisnis waralaba dibutuhkan sistem manajemen yang bagus guna menjalankan bisnis tetap efektif. Salah satu manajemen yang digunakan memakai manajemen strategis untuk sistemnya dan ditopang melalui etika bisnis Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan sistem manajemen strategis terhadap kemitraan waralaba CV. Pentol Planet? (2) Bagaimana penerapan sistem manajemen strategis kemitraan waralaba CV. Pentol Planet dalam perspektif etika bisnis Islam? Jenis penelitian yang dipakai adalah kualitatif dengan metode studi kasus, teknik analisisnya adalah analisis data kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian: Penerapan sistem manajemen strategis terhadap kemitraan waralaba CV. Pentol Planet, sudah diterapkan dengan cukup baik terlebih dalam hal keunggulan kompetitif seperti dalam menjaga aspek kualitas disertai dengan penggunaan teknologi atau internet, kemudian tujuan jangka panjang yang dijalankan dengan tetap konsisten, jelas terarah dengan tindakan nyata dan terakhir strategi dengan melakukan ekspansi geografis dan diversifikasi produk semacam peyek bakso selain dari pentol itu sendiri. Pemilik CV. Pentol Planet secara sederhana dalam mempertahankan keunggulan kompetitif strategi juga memakai analisis peluang-peluang dan ancaman-ancaman yang ada. Sedangkan pada penerapan sistem manajemen strategis kemitraan waralaba CV. Pentol Planet dalam perspektif etika bisnis Islam belum diterapkan dengan baik, karena adanya dari mitra yang menyimpang maupun melanggar dari kontrak perjanjian yang sudah disepakati. Meskipun dari pemberi waralaba (owner CV. Pentol Planet) sudah menerapkan maupun menekankan kejujuran, tapi pada kenyataannya ada dari beberapa mitra yang bertindak tidak jujur sekaligus ingkar dalam menepati janji. Oleh karena itu perlunya perbaikan dalam etika bisnis Islam bagi pebisnis terutama bagi mitra waralaba. Kata kunci : Manajemen Strategis, Kemitraan, Waralaba Sektor Kuliner, Etika Bisnis Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 1742143140 KHUSNUL NUR HABIBAH
Date Deposited: 15 Mar 2018 02:03
Last Modified: 15 Mar 2018 02:03
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/7352

Actions (login required)

View Item View Item