Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Segi Empat Melalui Pendekatan Open Ended Dengan Seting Discovery Pada Siswa Kelas VII Smpn 01 Boyolangu Tulungagung

Purnamasari, Sinta (2014) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Segi Empat Melalui Pendekatan Open Ended Dengan Seting Discovery Pada Siswa Kelas VII Smpn 01 Boyolangu Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
SINTA PURNAMASARI (3214103130).pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Pendekatan Open Ended dengan Seting Discovery, Hasil Belajar Matematika Materi Segi Empat Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurang efektifnya proses pembelajaran Matematika di SMPN 01 Boyolangu Tulungagung dan menyebabkan hasil belajarnya rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru Matematika kurang bervariasi. Dalam pembelajaran Matematika ada beberapa model pembelajaran yang bisa digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah pendekatan Open Ended dengan Seting Discovery, yaitu suatu model dan pendekatan pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk belajar aktif dan bertujuan agar peserta didik mempunyai jiwa kemandirian dalam belajar serta menumbuhkan daya hasil belajar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pendekatan Open Ended dengan seting Discovery dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi segi empat siswa kels VII SMPN 01 Boyolangu Tulungagung?. (2) Apakah pendekatan Open Ended dengan seting Discovery dapat meningkatkan hasil belajar materi segi empat pada siswa kelas VII SMPN 01 Boyolangu Tulungagung?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan penerapan pendekatan Open Ended dengan seting Discovery dapat meningkatan Hasil belajar Matematika pada materi segi empat siswa kelas VII SMPN 0I Boyolangu Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pendekatan Open Ended dengan seting Discovery dapat mengetahui hasil belajar Matematika pada materi segi empat pada siswa kelas VII SMPN 01 Boyolangu Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP 01 Boyolangu Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan refleksi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 70% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Proses pembelajaran yang dilakukan guru pada kegiatan awal adalah menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan pre test untuk mengukur tingkat pemahaman materi yang diajarkan. Pada kegiatan inti guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok untuk mencari penemuan dari masalah yang diberikan oleh guru melalui pendekatan Open Ended dengan seting Discovery pada kegiatan akhir guru dan siswa menyimpulkan materi bersama-sama kemudian guru memberikan pos test untuk mengetahui tingkat ketuntasan hasil belajar siswa. Penerapan model Pembelajaran pendekatan Open Ended dengan Seting Discovery dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 71,40 (40,62%) yang berada pada kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 87,25 (93,54%) dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 15,85. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model Pembelajaran Pendekatan Open Ended dengan Seting Discovery dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi segi empat siswa kelas VII SMPN 01 Boyolangu Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 08 Jan 2015 08:19
Last Modified: 08 Jan 2015 08:19
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/734

Actions (login required)

View Item View Item