BIMBINGAN KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA (Studi Multisitus di MAN Kunir dan MAN Tlogo Kabupaten Blitar)

Abdul Qohar Al Munawar, 1756154001 (2017) BIMBINGAN KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA (Studi Multisitus di MAN Kunir dan MAN Tlogo Kabupaten Blitar). [ Thesis ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (943kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (917kB)

Abstract

Abdul Qohar Al Munawar, NIM. 1756154001. “Bimbingan Keagamaan Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa” (Studi Multisitus di MAN Kunir dan MAN Tlogo Kab. Blitar). Program Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag dan Dr. Erna Iftanti, M.Pd. Kata kunci : Bimbingan keagamaan, kecerdasan emosional Latar belakang dalam penelitian tesis ini adalah kurangnya perhatian guru agama dalam memberikan materi yang mampu menyentuh emosional siswa. Guru lebih banyak berbicara tentang materi yang hanya untuk mengembangkan intelektual dan prestasi akademik siswa. Selain itu, interaksi pembelajaran yang bersifat kognitif pun banyak terdapat tindakan yang melibatkan emosi guru dan siswa. Sehingga proses pembelajaran harusnya dikemas dengan sebaik mungkin agar tidak hanya melibatkan kemampuan intelektual saja, tetapi juga mengedepankan kemampuan dan perilaku yang mencerminkan kondisi kecerdasan emosional agar hubungan antara guru dan siswa menjadi seimbang dan terciptalah suasana belajar yang transaksional. Berdasarkan latar belakang di atas, fokus penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Bagaimana bimbingan keagamaan dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenali emosi diri di MAN Kunir dan MAN Tlogo? (2) Bagaimana bimbingan keagamaan dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam mengelola emosi diri di MAN Kunir dan MAN Tlogo? (3) Bagaimana bimbingan keagamaan dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memotivasi diri di MAN Kunir dan MAN Tlogo? (4) Bagaimana bimbingan keagamaan dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenali emosi orang lain di MAN Kunir dan MAN Tlogo? (5) Bagaimana bimbingan keagamaan dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menjalin hubungan sosial dengan orang lain di MAN Kunir dan MAN Tlogo?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan multisitus di MAN Kunir dan MAN Tlogo Kab. Blitar. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam dua tahap, yaitu analisis situs tunggal dan analisis lintas situs. Analisis lintas situs dimaksudkan sebagai proses membandingkan temuan-temuan yang diperoleh dari masing-masing situs sekaligus sebagai proses memadukan temuan antar situs. Berdasarkan proses pengumpulan data dan analisis data, penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut : (1) Bimbingan Keagamaan dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Mengenali Emosi Diri di MAN Kunir dan MAN Tlogo, dilakukan usaha-usaha seperti : 1) Penguatan materi keimanan dan akhlak Islami, 2) Pembiasaan perilaku Islami, dan 3) Penguatan keterampilan beribadah. (2) Bimbingan Keagamaan dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Mengelola Emosi Diri di MAN Kunir dan MAN Tlogo, dilakukan usaha-usaha seperti : 1) Tadarus al Qur`an, 2) Pembiasaan ibadah sholat di madrasah, 3) Pembiasaan dzikir dan doa sebelum mulai belajar dan 4) Pelaksanaan kajian kitab kuning. (3) Bimbingan Keagamaan dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memotivasi Diri di MAN Kunir dan MAN Tlogo, dilakukan usaha-usaha seperti : 1) Pelaporan kemampuan membaca al Qur`an kepada orang tua, 2) Pelaporan kegiatan SKU kepada orang tua, dan 3) Pengontrolan praktek ibadah sholat Dhuha. (4) Bimbingan Keagamaan dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Mengenali Emosi Orang Lain di MAN Kunir dan MAN Tlogo, dilakukan usaha-usaha seperti : 1) Bersedakah, 2) Mengunjungi orang sakit dan ta’ziyah, dan 3) Toleransi dalam kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. (5) Bimbingan Keagamaan dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menjalin Hubungan Sosial dengan Orang Lain di MAN Kunir dan MAN Tlogo, dilakukan usaha-usaha seperti : 1) Pembiasaan sholat berjamaah, 2) Pelaksanaan dialog interaktif, 3) Penyaluran daging kurban dan zakat fitrah, dan 4) Pelaksanaan majelis sholawat.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1756154001 abdul qohar
Date Deposited: 07 Mar 2018 06:29
Last Modified: 07 Mar 2018 06:29
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/7333

Actions (login required)

View Item View Item