PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKN 1 BANDUNG

M. MISBACHUL MUNIR, 2811123167 (2018) PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKN 1 BANDUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (391kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (112kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembinaan karakter Peserta Didik melalui Pendidikan Agama Islam di SMK 1 Bandung” ini ditulis oleh Moh. Misbachul Munir, NIM. 2811123167, dibimbing oleh Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag. Kata Kunci : Karakter, Pendidikan Agama Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan karakter pada peserta didik untuk membentengi diri mereka dari pengaruh negatif kemajuan zaman yang diiringi semakin merosotnya moral para generasi muda. Dewasa ini sering kali tejadi fenomena-fenomena yang sangat menyedihkan dan sangat memprihatinkan yang diakibatkan oleh merosotnya nilai moral dan kekurangannya pendidikan karakter yang diperoleh oleh para peserta didik. Untuk itu dari pihak lembaga pendidikan SKMN 1 Bandung melakukan program pembinaan karakter peserta didik melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pembinaan karakter peserta didik melalui Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Bandung? (2) Apa saja yang menjadi faktor pendukung pelaksanaan pembinaan karakter peserta didik melalui Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Bandung? (3) Kendala apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaan pembinaan karakter peserta didik melalui Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Bandung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan karakter peserta didik melalui Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Bandung. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung pelaksanaan pembinaan karakter peserta didik melalui Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Bandung. (3) Untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaan pembinaan karakter peserta didik melalui Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Bandung. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Sekolah SMKN 1 Bandung merupakan bahan laporan atau sebagai pedoman dalam mengambil kebijakan tentang pembinaan karakter peserta didik, bagi guru Pendidikan Agama Islam untuk mengetahui pembinaan karakter peserta didik salah satunya melalui pendidikan Agama Islam, bagi penulis setelah dilakukannya pengkajian dan penelitian, penulis dapat menambah pengalaman dan pengetahuan serta wawasan tentang pembinaan karakter peserta didik salah satunya melalui pendidikan Agama Islam dan bagi peneliti yang akan datang hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan kajian penunjang untuk meneliti hal-hal yang berkaitan dengan topik tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, lokasi penelitiannya di SMKN 1 Bandung, sumber datanya di dapat melalui tiga unsur yaitu person, place dan paper, metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil Penelitian ini adalah : (1) Di SMKN 1 Bandung melakukan program pembinaan karakter pada peserta didik salah satunya yaitu dengan membina karakter peserta didik melalui proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Yaitu dengan membiasakan untuk selalu menjaga kebersihan, jujur, disiplin, bertanggung jawab dan berbudi pekerti yang luhur. Selalu memberikan nasehat dan motivasi ketika pembelajaran dengan diimbangi melakukan komunikasi yang baik dari pihak keluarga maupun lingkungan msyarakat. Serta memberikan contoh dan teladan yang baik pada peserta didik. (2) Ada beberapa faktor pendukung yang membantu jalannya proses pembinaan karakter pada peserta didik di SMKN 1 Bandung antara lain yaitu adanya kesadaran dari diri peserta didik untuk berbah menjadi yang lebih baik, ketaletenan dan kesabaran dari guru untuk membina karakter peserta didik serta memberikan contoh dan teladan yang baik bagi peserta didik, dukungan dari orang tua, komunikasi yang baik antara guru, orang tua dan juga peserta didik itu sendiri dan lingkungan yang mendukung prigram tersebut, sehingga program pembinaan karakter yang dianggap sulit dan hampir tidak mungkin memberikan hasil yang baik kahirnya membuahkan hasil yang baik pula. Faktor-faktor pendukung tersebut harus selalu dijaga agar semakin mempermudah jalannya proses pembinaan karakter pada peserta didik. (3) Kendala-kendala yang dialamai dalam pembinaan karakter peserta didik di SMKN 1 Bandung antara lain yaitu dari diri peserta didik itu sendiri, dari keluarga bahkan dari lingkungan masyrakat juga. Karena permasalahan kan selalu ada dan akan selalu datang, namun tidak ada masalah yang tidak ada solusinya, yang harus dilakukan yaitu mencari solusinya untuk menyelasaikan masalaha tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123167 M. MISBACHUL MUNIR
Date Deposited: 06 Mar 2018 06:44
Last Modified: 06 Mar 2018 06:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7331

Actions (login required)

View Item View Item