STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN PESERTA DIDIK DI SDN SAMBIDOPLANG SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

EKA QORIATUL, 2817133039 (2018) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN PESERTA DIDIK DI SDN SAMBIDOPLANG SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (976kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kenakalan Peserta Didik di SDN Sambidoplang Sumbergempol Tulungagung”, ditulis oleh Eka Qoriatul, NIM: 2817133039. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Dosen Pembimbing Drs. H. Jani, MM., M.Pd. NIP. 19660210 198503 1 001. Kata Kunci: Strategi Guru, Kenakalan Peserta Didik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh problem kemerosotan tingkahlaku peserta didik yang akhir-akhir ini menjangkit pada sebagian generasi yang akan datang. Pada kenyataannya tidak sedikit peserta didik yang gagal menampilkan akhlak terpuji sesuai harapan orang tua. Fenomena empiris menunjukkan pada saat ini terdapat banyak kasus kenakalan di kalangan pelajar. Peneliti memilih SDN Sambidoplang Sumbergempol karena merupakan sekolah umum yang kurang memiliki aktifitas keagamaan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan peserta didik di SDN Sambidoplang Sumbergempol Tulungagung Tahun pelajaran 2016/2017? (2) Faktor apa saja yang menjadi hambatan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenalan peserta didik di SDN Sambidoplang Sumbergempol Tulungagung Tahun pelajaran 2016/2017? (3) Bagaimana solusi untuk menghadapi hambatan dalam mengatasi kenakalan peserta didik di SDN Sambidoplang Sumbergempol Tulungagung Tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan peserta didik di SDN Sambidoplang Sumbergempol Tulungagung Tahun pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi hambatan guru Pendidikan Agama Islamdalam mengatasi kenalan peserta didik di SDN Sambidoplang Sumbergempol Tulungagung Tahun pelajaran 2016/2017. (3) Untuk mengetahui solusi menghadapi hambatan dalam mengatasi kenakalan peserta didik di SDN Sambidoplang Sumbergempol Tulungagung Tahun pelajaran 2016/2017. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode wawancara dan observasi digunakan untuk menggali informasi mengenai strategi guru dalam mengatasi kenakalan peserta didik, sedangkan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang sarana dan prasarana sekolah. Analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan pengecekan keabsahan data diantaranya perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, serta triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian: (1) Strategi yang digunakan seorang guru untuk mengatasi kenakalan seorang peserta didik meliputi memberi pemahaman kepada orang tua tentang kasih kasih sayang kepada anak, memberikan pemahaman anak tentang perilaku, memberikan program namimah kepada anak, memberikan perhatian dan pengamatan yang khusus (untuk anak yang terlalu aktif) didalam kelas maupun diluar kelas, bekerja sama dengan semua pihak guru. (2) Faktor yang menjadi hambatan seorang guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan peserta didik yaitu peserta didik yang orang tuanya menjadi TKI, faktor lingkungan di masyarakat maupun lingkungan di pergaulan teman, teknologi yang kurang terkontrol. (3) Solusi untuk menghadapi hambatan dalam mengatasi kenakalan peserta didik adalah menanamkan ajaran agama islam yang lebih mendalam, menjalin kerja sama yang baik antar seluruh guru dan tenaga kependidikan yang ada disekolah tersebut, menjalin kerja sama pihak sekolah dengan orang tua peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133039 EKA QORIATUL
Date Deposited: 28 Feb 2018 02:19
Last Modified: 28 Feb 2018 02:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7311

Actions (login required)

View Item View Item