PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH KELAS III MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

IMAKULATA GORETI PUTRI AYU, 2817133070 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH KELAS III MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (175kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Fiqih Kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Imakulata Goreti Putri Ayu, NIM. 2817133070, Pembimbing Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd Kata Kunci: Student Team Achievement Division , Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pendidikan yang terjadi saat ini. Dimana pendidikan mempunyai peranan sangat penting bagi kehidupan manusia. Tanpa pendidikan suatu proses pembelajaran akan sangat sulit diwujudkan. Guru adalah salah satu peranan penting dalam pelaksanaan pembelajaran. Model, metode, media merupakan beberapa alat bantu yang sangat dibutuhkan oleh para pendidik. Penggunaan model pembelajaran yang masih sangat melekat dengan ceramah membuat peserta didik kurang tertarik dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division terhadap hasil belajar Fiqih kelas III. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui rata-rata hasil belajar pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan pendekatan Contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar Fiqih kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung (2) Untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan pendekatan Contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar Fiqih kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan pendekatan Contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar Fiqih kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian True Experimental (eksperimen semu) dengan desain penelitian Post-test Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung yang berjumlah 54 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik Simple Random Sampling, dengan kelas III A sebagai kelompok eksperimen dan kelas III B sebagai kelompok kontrol. Teknik dan instrument pengumpulan data: 1) wawancara; 2) observasi; 3) tes; 5) Dokumentasi. Instrument penelitian berupa post-test untuk mengukur hasil belajar. Instrument soal sebelum digunakan untuk menjaring data dan untuk mendapatkan data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis, yang digunakan adalah analisis uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan Metode Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar pada materi amalan-amalan di bulan Ramadhan dengan nilai thitung = 5,413 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5% adalah 2,0076. Diperoleh thitung (5,413) > ttabel (2,0076) maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan Metode Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Fiqih kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung pada materi amalan-amalan di bulan Ramadhan. Dari perhitungan effect size pada uji-t dengan menggunakan rumus Cohen’s from t-test, mempunyai pengaruh sedang, dengan presentase 76%, maka Metode Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat dijadikan salah satu pembelajaran alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133070 IMAKULATA GORETI PUTRI AYU
Date Deposited: 27 Feb 2018 04:09
Last Modified: 27 Feb 2018 04:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7305

Actions (login required)

View Item View Item