EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI GARIS DAN SUDUT SISWA KELAS VII MTs AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG

LUSI SETYAWATI, 2814133102 (2018) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI GARIS DAN SUDUT SISWA KELAS VII MTs AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (930kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektifitas Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Garis dan Sudut Siswa Kelas VII MTs Al-Ma’arif Tulungagung” ditulis oleh Lusi Setyawati, NIM. 2814133102 dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Efektifitas, Model Make a Match, Hasil Belajar. Fenomena rendahnya minat dan hasil belajar pada pelajaran matematika banyak dialami siswa di sekolah-sekolah mulai jenjang SD sampai SMA. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional sehingga dapat menimbulkan siswa cepat bosan dalam mengikuti proses pembelajaran. Banyak sekali model pembelajaran yang dapat merangsang siswa aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran make a match, dimana model pembelajaran ini melibatkan aktivitas siswa tanpa harus ada perbedaan status dan bersifat menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui efektif tidaknya pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar matematika materi garis dan sudut siswa kelas VII MTs Al-Ma’arif Tulungagung. 2) Untuk mengetahui besar efektifitas pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar matematika materi garis dan sudut siswa kelas VII MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 212 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik sampel tipe purposive sampling. Dalam penelitian ini peneliti mengambil kelas VII-C sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa adalah 47 anak dan kelas VII-D sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa adalah 45 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Dalam analisis data peneliti menggunakan bantuan SPSS 16.0 dengan uji t-test. Berdasarkan hasil perhitungan data hasil tes siswa diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 82,58 sedangkan rata-rata kelas kontrol sebesar 74,55. Hasil penelitian pada pengujian hipotesis menggunakan uji t-test diperoleh t_hitung = 3,917 dan t_tabel = 1,987 dengan db = 90 pada taraf signifikansi 5%. Ini menunjukkan bahwa t_hitung (3,917) > t_tabel (1,987) yang artinya H_0 ditolak, sehingga H_1 diterima. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make a Match efektif terhadap hasil belajar matematika materi garis dan sudut siswa kelas VII MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Adapun untuk mengetahui besar efektifitas model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar matematika siswa menggunakan perhitungan effect size menggunakan rumus Cohen’s d from t-test. Dari hasil perhitungan tersebut diperoleh besarnya efektifitas adalah 0,83 yang dalam tabel interprestasi nilai Cohen’s d tergolong large atau tinggi dengan presentase sebesar 79,0%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133102 LUSI SETYAWATI
Date Deposited: 29 Mar 2018 03:47
Last Modified: 29 Mar 2018 03:47
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/7304

Actions (login required)

View Item View Item