PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS ARROSIDIYAH SUMBERAGUNG REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

Faris Awwalul Muttaqin, 2814133065 (2017) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS ARROSIDIYAH SUMBERAGUNG REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (405kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (98kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (324kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (757kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (597kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (686kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (365kB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (345kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (160kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Mts Arrosidiyah Sumberagung Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017” ditulis oleh Faris Awwalul Muttaqin dibimbing oleh Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Kooperatif Tipe Make A Match, Motivasi, Hasil Belajar Fenomena hasil belajar siswa yang rendah dipengaruhi dari siswa kurang antusias dalam mengikuti mata pelajaran matematika karena guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional. di mana guru lebih aktif menjelaskan dan siswa hanya mendengarkan. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan membuat siswa lebih aktif dan meningkatkan motivasi belajar dapat menggunakan model kooperatif tipe make a match. Make a match adalah siswa diminta mencari pasangan kartu yang merupakan jawaban atau pertanyaan materi tertentu dalam pembelajaan. Penggunaan teknik make a match ini guru berusaha meningkatkan motivasi siswa dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe make a match terhadap motivasi belajar matematika pada siswa kelas VII MTs Arrosidiyah Sumberagung Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017. 2) Untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII MTs Arrosidiyah Sumberagung Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017. 3) Untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe make a match terhadap motivasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII MTs Arrosidiyah Sumberagung Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis eksperimen semu, populasinya adalah siswa kelas VII MTs Arrosidiyah Sumberagung berjumlah 34 siswa, teknik samplingnya adalah sampling jenuh, sampelnya siswa kelas VII A dan VII B, metode pengumpulan data dengan wawancara, tes, angket, dan dokumentasi, analisis data menggunakan uji MANOVA berbantuan SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: pertama tidak ada pengaruh yang signifikan model kooperatif tipe make a match terhadap motivasi belajar matematika. Berdasarkan uji manova dengan tingkat signifikansi 0,309 > 0,05. kedua ada pengaruh yang signifikan model kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan uji manova dengan tingkat signifikansi 0,049 < 0,05. Dan ketiga Tidak ada pengaruh yang signifikan model kooperatif tipe make a match terhadap motivasi dan hasil belajar matematika. Berdasarkan uji manova untuk harga F hitung 2,355 dengan tingkat signifikansi 0,112 > 0.05. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar Matematika Siswa Kelas VII Mts Arrosidiyah Sumberagung Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S. pd 2814133065 Faris Awwalul Muttaqin
Date Deposited: 19 Feb 2018 06:41
Last Modified: 19 Feb 2018 06:41
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/7282

Actions (login required)

View Item View Item